Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Manfaat Iklan Layanan Masyarakat dan Isinya

Baca di App
Lihat Foto
Shutterstock/Elena Baryshnikova
Jalanan di Amsterdam yang sepi karena adanya karantina untuk mencegah penyebaran virus corona. Terlibat sebuah iklan layanan masyarakat dari Pemerintah Belanda mengingatkan untuk menjaga jarak.
|
Editor: Serafica Gischa

KOMPAS.com - Iklan layanan masyarakat disebut juga dengan istilah Public Service Announcement. Iklan layanan masyarakat merupakan iklan yang digunakan untuk menyampaikan informasi, mempersuasi atau mendidik penonton.

Dalam buku Manajemen Periklanan Konsep dan Aplikasinya (1995) karya Rhenald Kasali, pengertian iklan layanan masyarakat adalah suatu jenis iklan yang dibuat dengan biaya yang tidak besar dan tidak komersial.

Iklan layanan masyarakat dirancang untuk kepentingan dan kesejahteraan masyarakat. Bertujuan untuk mempromosikan program-program, kegiatan-kegiatan yang diadakan oleh pemerintah atau digunakan oleh organisasi kemasyarakatan yang non profit.

Baca juga: Jenis-Jenis Iklan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tujuan dari akhir iklan layanan masyarakat bukan untuk mendapatkan keuntungan ekonomi, tetapi keuntungan sosial.

Keuntungan yang dimaksud munculnya penambanhan pengetahuan, kesadaran sikap, dan perubahan perilaku masalah.

Manfaat iklan layanan masyarakat

Berikut beberapa manfaat iklan layanan masyarakat:

  1. Di negara maju, iklan layanan masyarakat dimanfaatkan untuk memperbaiki masalah yang menyangkut kebiasaan masyarakat atau perubahan nilai.
  2. Suatu upaya untuk menggerakkan solidaritas masyarakat terhadap masalah yang mereka hadapi yakni kondisi yangbisa mengancam keserasian dan kehidupan umum.

Isi iklan layanan masyarakat

Isi iklan layanan masyarakat biasanya:

  1. Pesan iklan layanan masyarakat biasanya berupa ajakan atau himbauan kepada masyarakat untuk melakukan suatu tindakan demi kepentingan umum atau mengubah suatu kebiasaan atau perilaku masyarakat.
  2. Iklan layanan masyrakat merupakan bagian dari kampanye social marketing yang bertujuan menjual gagasan atau ide untuk kepentingan atau pelayanan masyarakat.

Baca juga: Bahasa Iklan: Sifat, Unsur, dan Syaratnya

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi