Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengertian Teks Deskripsi dan Teks Tanggapan Deskriptif

Baca di App
Lihat Foto
Nicholas Ryan Aditya
Peserta tur melihat papan deskripsi tentang Menara Syahbandar dalam acara tur wisata malam museum bahari, Sabtu (28/12/2019).
|
Editor: Serafica Gischa

KOMPAS.com - Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, deskripsi artinya pemaparan atau penggambaran dengan kata-kata yang jelas dan terperinci.

Taufiqur Rahman dalam Teks dalam Kajian Struktur dan Kebahasaan (2017) menyatakan kata deskrispsi berasal dari bahasa Latin describere yang artinya menggambarkan atau memberikan sesuatu hal.

Dari segi istilah, deskripsi adalah suatu bentuk karangan yang melukiskan sesuatu sesuai dengan keadaan yang sebenarnya.

Pembaca dapat melihat, mendengar, mencium, dan merasakan apa yang dilukiskan itu sesuai dengan citra penulisnya.

Baca juga: Pengertian Teks Eksposisi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sehingga pengertian teks deskripsi adalah paragraf yang berisi penggambaran suatu obyek, tempat, atau peristiwa tertentu kepada pembaca secara jelas dan terperinci.

Sehingga pembaca seolah-olah melihat dan merasakan sendiri apa yang dideskripsikan oleh penulis.

Deskripsi juga bisa diartikan sebagai gambaran mengenai suatu hal yang dilukiskan dengan kondisi atau keadaan yang sebenarnya.

Berisi penggambaran suatu obyek, tempat, atau peristiwa tertentu sehingga dapat dirasakan, dilihat, dicium, dan didengar oleh pembaca.

Lihat Foto
iStockphoto/Jacob Ammentorp Lund
Ilustrasi Menulis Deskripsi
Teks tanggapan deskriptif

Teks tanggapan deskriptif adalah teks deskripsi yang berisi gambaran tentang suatu tempat, suasana, sikap seseorang, atau bentuk fisik benda hidup dan benda mati.

Teks tanggapan deskriptif sebenarnya sering dilakukan dalam kehidupan sehari-hari. Seperti saat bertanya di mana rumah seorang teman, maka teman tersebut akan menjawab secara jelas dan rinci.

Baca juga: Jenis-Jenis Teks Eksposisi dan Cirinya

Jawaban dari seorang teman tersebut dapat dikategorikan sebagai teks tanggapan deskriptif, karena menggambarkan tempat dan suasana sebuah bangunan rumah.

Teks tanggapan deskriptif terbagi menjadi tiga jenis yang terdiri dari:

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Sumber: KBBI
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi