Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia

Baca di App
Lihat Foto
Encyclopaedia Britannica
Garis khayal pemisah flora dan fauna Indonesia: Garis Wallace (biru), Garis Weber (ungu), dan Garis Lydekker (hijau).
Penulis: Ari Welianto
|
Editor: Ari Welianto

KOMPAS.cam - Indonesia termasuk salah satu negara yang memiliki kekayaan flora dan fauna. Kebanyakan flora dan funa di Indonesia merupakan jenis yang dilindungi. 

Dalam buku Atlas Flora dan Fauna Indonesia (2001), terdapat 2.827 jenis satwa vertebrata non ikan. Di mana 848 di antaranya merupakan endemik atau jenis yang hanya ada di Indonesia. 

Selain itu Indonesia juga memiliki 37.000 jenis tumbuhan tinggi dari antara 115.475-183.025 tumbuhan yang ada di dunia. Dari jumlah 37.000 jenis, sekitar 14.800-18.500 tumbuhan merupkan tumbuhan endemik Indonesia. 

Keanekaragaman flora dan fauna di Indonesia tersebar di berbagai wilayah. Berdasarkan wilayah dak karakteristiknya, persebaran flora dan fauna terbagi menjadi tiga wilayah, yakni Indonesia barat, timur, dan tengah. 

Ketiga bagian itu dipisahkan oleh garis wallace dan garis weber. Garis wallace barat dan tengah, sementara itu garis Weber memisahkan Indonesia tengah dan timur.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baca juga: Flora Khas dari Provinsi Aceh

Berikut penjelasan persebaran flora dan fauna di Indonesia:

Persebaran Flora

Berikt persebaran flora di Indonesia berdasarkan wilayah dan karakteristiknya. Terbagi menjadi toga wilayah, yakni:

Indonesia bagian barat

Flora tumbuh di berbagai tempat di dunia yang berbeda-beda. Hal itu dipengaruhi oleh beberapa faktor, iklim, jenis tanah,Relief atau tinggi rendah permukaan bumi, atau biotik (pengaruh makhluk hidup).

Iklim memiliki pengaruh yang sangat besar terutama suhu udara dan curah hujan. Daerah yang curah hujannya tinggi memiliki hutan yang lebat dan jenis tanaman lebih bervariasi.

Sedangkan daerah yang curah hujannya relatif kurang tidak memiliki hutan yang lebat seperti banyak di tum- buhi semak belukar dengan padang rumput yang luas.

Flora di Indonesia Bagian Barat meliputi berbagai jenis tanaman yang tumbuh di Pulau Sumatra, Jawa, Kalimatan, Bali dan pulau-pulau kecil di sekitarnya.

Flora di Indonesia bagian barat memiliki persamaan dengan tumbuhan yang terdapat di Asia. Untuk jenisnya seperto karet, kapur barus (kamper), kemenyan, meranti, mahoni.

Baca juga: Perbedaan Flora Bagian Barat, Timur, dan Tengah

Indonesia bagian timur

Persebaran flora di Indonesia bagian timur disebut dengan tipe Australis. Karena disebabkan oleh persebaran flora di Indonesia bagian timur hampir sama dengan flora di benua Australia pada umumnya.

Pulau-pulau yang termasuk daerah persebaran flora Indonesia Timur adalah Sulawesi, Nusa Tenggara, Maluku dan Papua.

Di Indonesia bagian timur banyak ditemui pohon sagu, pohon nipah, dan hutan bakau.

Indonesia bagian tengah

Flora di Indonesia bagian tengah merupakan daerah peralihan antara Indonesia barat dengan Indonesia timur. Jenis flora yang di Indonesia tengah yang menonjol adalah hutam musim (hutan jati).

Persebaran fauna

Persebara fauna berdasarkan wilayah dankarakteristiknya terbagi menjadi tiga. Tiga wilayah tersebut adalah:

Indonesia bagian barat

Dikutip situs Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), fauna yang terdapat di wilayah barat merupakan fauna yang bertipe Asiatis atau memiliki kemiripan dengan fauna di benua Asia.

Daerah persebaran fauna Indonesia Barat dan fauna Indonesia tengah dipisahkan oleh sebuah garis khayal yang disebut dengan garis Wallace. Fauna yang berada di wilayah ini adalah kijang, trenggiling, ikan pesut mahakam, harimau hingga badak bercula satu.

Baca juga: Karakteristik Unik Flora di Zona Peralihan

Indonesia bagian tengah

Ada beberapa fauna tipe Asiatis dan Australis atau campuran. Wilayah persebaran fauna Indonesia tengah disebut juga dengan fauna kepulauan Wallace atau fauna peralihan.

Wilayah Indonesia tengah ini memisahkan antara wilayah fauna Indonesia Barat dengan fauna Indonesia Timur.

Indonesia bagian timur

Fauna di wilayah Indonesia bagian timur disebut juga sebagi wilayah dangkalan sahul. Jenis-jenis fauna di Indonesia timur bertipe Australis atau seperti jenis fauna yang hidup mirip dengan fauna di Australia.

Hewan endemik yang berada di wilayah timur seperti komodo, anoa, atau babi rusa.

Baca juga: Flora dan Fauna Khas Banten

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi