Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengaruh Keunggulan Iklim terhadap Kegiatan Ekonomi

Baca di App
Lihat Foto
Dok. Balai Karantina Pertanian Belawan
Suasana panen teh di Kebun Teh Bah Butong di Sidamanik, Simalungun. Balai Karantina Pertanian Belawan, Kementrian Pertanian RI mencatat hingga semester I/2020, sebanyak 461 ton teh (Camellia sinensis) senilai Rp 10,4 miliar menembus pasar ekspor ke 9 negara.
Penulis: Ari Welianto
|
Editor: Ari Welianto

KOMPAS.com - Letak Indonesia yang dilalui garis khatulistiwa membuatnya memiliki iklim tropis. Hal ini karena Indonesia dilalui oleh angin muson barat dan angin muson timur. 

Iklim tropis yang ada di Indonesia memberikan dampak positif bagi kegiatan ekonomi masyarakat. Beberapa keunggulan dari iklim tropis adalah: 

Manfaat bagi petani dan nelayan 

Dikutip dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, daerah tropis tidak ada perubahan yang signifikan antara musim dingin dan panas. Sehingga masyarakat tetap dapat melakukan kegiatan ekonomi sepanjang tahun dengan prediksi waktu yang tepat. 

Misalnya, pada musim hujan yang terjadi pada bulan Oktober hingga Maret petani mulai mengerjakan lahan untuk bercocok tanam. Sementara nelayan mengurangi kegiatan melaut karena biasanya musim hujan sering terjadi cuaca buruk atau gelombang laut. 

Baca juga: Jenis Iklim yang Memengaruhi Iklim di Indonesia

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pada musim kemarau yang terjadi pada April hingga September, sebagian petani akan membiarkan lahannya tidak ditanami karena pasokan air tidak anyak. Sementara nelayan dapat mencari ikan di laut tanpa banyak terganggu cuaca buruk. 

Dalam buku Metode Klasifikasi Iklim di Indonesia (2019) karya Ariffin, dengan memiliki musim penghujan dan kemarau, Indonesia memiliki tanah yang subur. Kondisi ini membuat sebagain besar masyarakat Indonesia bekerja sebagai petani. 

Perencanaan kontruksi bangunan 

Tak hanya memberikan manfaat bagi perekonomian, iklim juga memengaruhi situasi sosial, budaya, politik, dan keamanan. Manfaat yang diperoleh dari mengetahui kondisi iklim suatu daerah yaitu sebagai dasar perencanaan kontruksi bangunan.

Contohnya pada daerah yang memiliki curah hujan tinggi, maka atap rumah akan dibuat lebih curam.

Sehingga memperlancar aliran air hujan ke bawah. Dengan mengetahui kondisi unsur-unsur iklim dapat merancang kontruksi bangunan pengendali banjir atau angin.

Baca juga: Mengenal Jenis Iklim Organisasi

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi