Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Isi dan Tujuan Teks Deskripsi

Baca di App
Lihat Foto
Thinkstock.com
Ilustrasi menulis
|
Editor: Nibras Nada Nailufar

KOMPAS.com - Deskripsi berasal dari bahasa Latin describere yang artinya menggambarkan atau memberikan sesuatu hal. 

Dilansir dari buku Teks dalam Kajian Struktur dan Kebahasaan (2017) karya Taufiqur Rahman, teks deskripsi adalah suatu  bentuk karangan yang melukiskan sesuatu sesuai dengan keadaan seenarnya. 

Sehingga membuat pembaca dapat mencitrai (melihat, mencium, mendengar, dan merasakan) apa yang dilukiskan sesuai dengan citra penulisnya. 

Diskripsi juga berarti sebagai paragraf yang berisi penggambaran obyek, tempat, atau peristiwa kepada pembaca secara jelas dan rinci. Sehingga pembaca seolah-olah mampu merasakan sendiri apa yang dideskripsikan penulis. 

Teks deskirpsi memiliki tiga struktur, yakni identifikasi, klasifikasi, dan deskirpsi bagian. Tahukah kamu apa isi dan tujuan teks deksripsi? Berikut penjelasannya: 

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baca juga: Teks Eksemplum: Pengertian, Struktur, Ciri-ciri, dan Contohnya

Isi teks deskripsi

Dikutip dari buku Yuk, Ungkap Idemu Melalui Teks Persuasi hingga Teks Tanggapan (2019), isi teks deskripsi memaparkan obyek atau tempat secara terperinci.

Di dalamnya ada unsur emosi agar pembaca dapat ikut merasakan, melihat, dan mendengar obyek yang dipaparkan.

Pemaparan dan penggambarannya dibuat dengan detail. Ini berkaitan dengan tujuan teks deskripsi.

Tujuan teks deskripsi

Tujuan teks deskripsi yakni merinci atau menggambarkan obyek dari sudut pandang penulis agar pembaca dapat merasakan, melihat, dan mendengar obyek yang dipaparkan dengan detail.

Untuk meraih tujuan ini, penulis bisa menggunakan majas guna menguatkan emosi penulis sehingga tersampaikan kepada pembaca.

Baca juga: Pengertian Teks Prosedur dan Contohnya

Contoh teks deskripsi

Simak contohnya teks deskripsi di bawah ini!

Keindahan Pantai Solong Banyuwangi

Banyuwangi memiliki beberapa pantai yang patut dikunjungi jika ingin berlibur pada era new normal. Salah satunya adalah Pantai Solong di Kelurahan Klatak, Kecamatan Kalipuro. Keindahan pantai bisa kamu nikmati dengan melalui sebuah jalan kecil dan pemukiman padat penduduk.

Kendati tidak bisa diakses secara langsung dari pinggir jalan, namun hal tersebut mungkin membuatmu semakin berdebar lantaran tidak sabar melihat seperti apa pemandangan yang ditawarkan.

Sesampainya di Pantai Solong, kamu tidak akan dipenuhi rasa kecewa. Pasalnya, sepanjang mata memandang, kamu disuguhi hamparan rumput hijau yang menghiasi area pinggir pantai. Hijaunya rerumputan di sana mungkin membuatmu ingin duduk-duduk sembari piknik dan menikmati luasnya lautan biru, plus mendengar bunyi deburan ombak yang terempas di bibir Pantai Solong.

Kamu juga bisa menikmati keindahan pantai dengan mengikat hammock ke dua pohon kelapa. Hembusan angin yang menggoyangkan hammock mungkin akan membuat pengalamanmu menikmati Pantai Solong menjadi lebih santai.

Baca juga: Contoh Teks Drama Beserta Strukturnya

Jika sebelumnya pantai-pantai yang pernah dikunjungi memberi kesan panas, mungkin kamu akan mendapatkan kesan yag berbeda dari Pantai Solong yang dipenuhi pepohonan kelapa.

Ketenangan akan dengan mudah kamu dapatkan saat berlibur di pantai yang terletak sekitar tujuh kilometer dari pusat kota. Sambil menikmati ketenangan tersebut, kamu bisa menyusuri jalan setapak yang memiliki semen berwarna putih untuk menuju ke bibir pantai.

Apabila beruntung dan cuacanya sedang cerah saat berlibur di sana, mungkin kamu bisa melihat hamparat Selat Bali yang berada di seberang laut.

Pantai Solong lebih bagus untuk dikunjungi saat matahari terbit. Sebab, matahari seperti muncul dari balik Pulau Dewata. Sementara matahari sedang terbit, beberapa perahu nelayan turut lalu lalang di Selat Bali sambil mencari ikan.

Ombak yang bergerak secara halus membuat perahu nelayan terombang-ambing sembari disinari matahari terbit, membuatnya menjadi sebuah pemandangan yang memiliki keunikan sendiri.

Usai menikmati keindahan pantai, kamu bisa istirahat di Villa Solong yang gaya bangunannya diadopsi dari rumah Suku Using--salah satu suku yang berada di Banyuwangi. Saat tiba di Villa Solong, kamu akan disambut oleh bangunan yang didominasi oleh kayu dan bambu. Jika ingin menginap, harga sewa yang ditawarkan cukup beragam mulai dari Rp 1 juta – Rp 2,5 juta per malam tergantung ukuran.

Baca juga: Contoh Teks Ceramah Singkat tentang Kesehatan

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi