Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rangkuman Soal dan Jawaban Belajar TVRI 5 Agustus SD Kelas 4-6

Baca di App
Lihat Foto
Generasi Cerdas Keuangan
Tangkapan layar Program Belajar dari Rumah yang tayang di TVRI pada 5 Agustus 2020 yang membahas materi tentang Uang dan Kegiatan Jual Beli untuk SD Kelas 4-6.
Penulis: Ari Welianto
|
Editor: Ari Welianto

KOMPAS.com - Program Belajar dari Rumah yang tayang di TVRI pada Rabu, 5 Agustus 2020 membahas materi tentang Uang dan Kegiatan Jual Beli untuk SD Kelas 4-6.

Dalam pembahasan tersebut terdapat tiga pertanyaan. Berikut adalah rangkuman soal dan jawaban pembahasan materi tersebut.

Soal 1: Jika kamu memiliki uang untuk ditabung, kamu lebih memilih menyimpannya di celengan atau bank? Jelaskan alasanmu!

Jawaban: Untuk menabung saya lebih memilih menabung di bank dari pada di celengan. Karena menambung di bank mempunyai keuntungan.

Berikut adalah keuntungan menabung di bank:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baca juga: Ajak Anak Gemar Menabung Lewat Komik Literasi Keuangan Bankir Cilik Ini

Dengan menabung di bank uang akan lebih aman dan tidak mudah dicuri atau tercecer. Karena uang yang disimpan di bank aman.

Uang ditabung di bank dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) dan itu sudah sesuai aturan yang ada. Sehingga tidak perlu khawatir uang yang ditabung di bank akan hilang.

Saat menabung di bank terdapat kemudahan layanan perbankan elektronik selama 24 jam perhari.

Kemudahan itu seperti adanya mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM), SMS banking, mobile banking, internet bank, atau call center.

Karena kebiasaan menabung akan dapat menyisihkan uang dan terhindar dari kebiasaan membeli barang-barang yang tidak dibutuhkan.

Baca juga: Tips Gemar Menabung bagi Pelajar/Mahasiswa, Daripada Jajan Terus!

Soal 2: Jelaskan cara membedakan kebutuhan dan keinginan! Lalu, apa yang harus dilakukan agar keinginan kita tetap terkontrol dengan baik?

Jawaban: Setiap orang memiliki kebutuhan yang berbeda-beda. Kebutuhan adalah segala sesuatu yang harus dimiliki atau diperlukan oleh seseorang untuk bertahan hidup dan hidup yang layak.

Contoh dari kebutuhan dan diperlukan oleh manusia seperti, makanan pokok, minuman, rumah, pakaian, atau alat tulis.

Selain kebutuhan, manusia juga memiliki keinginan.

Keinginan merupakan fungsi tambahan yang ingin dimiliki. Namun, jika tidak terpenuhi maka tidak akan menganggu kelangsungan hidup.

Apa yang harus dilakukan agar keinginan kita tetap terkontrol dengan baik adalah mengutamakan dulu memenuhi kebutuhan.

Manusia memang memiliki banyak keinginan. Namun, setiap orang memiliki uang yang terbatas.

Baca juga: Tips Aman Cari Mobil Bekas di Situs Jual Beli Online

Sehingga tidak semua keinginan bisa terpenuhi. Jadi diutamakan memenuhi kebutuhan daripada keinginan. Bahkan sebaiknya uang yang ada ditabung untuk kebutuhan kedepannya.

Soal 3: Saat ini kita berada di era digital, proses jual beli dapat dilakukan tanpa harus bertatap muka antara penjual dan pembeli. Bagaimana pendapatmu tentang jual beli daring atau online? Apa saja kelebihan dan kekurangannya?

Jawaban: Jual beli adalah adalah kegiatan untuk mendapatkan barang, di mana barang tersebut harus ditukar dengan sejumlah uang yang harus sesuai dengan harga barang yang disepakati oleh penjual dan pembeli.

Adanya jual beli daring atau secara online yang yang sekarang ini terjadi sangat bagus. Karena memudahkan dan bisa menghemat waktu serta biaya.

Kita tidak perlu ke lokasi untuk bertatap muka langsung dengan penjual tapi tetap berada di rumah saja. Biayanya dikeluarkan pun murah, sehingga bisa menghemat uang.

Baca juga: Jual-Beli “Online” Bikin Konsumen Jarang ke Toko Onderdil

Kelebihan jual beli online adalah bisa menghemat waktu dan biaya.

Karena kita hanya berada di rumah tidak perlu keluar mencari dan melihat barang-barang yang diinginkan.

Tinggal menggunakan handphone (HP) dengan cara mengetik barang yang diinginkan, tidak perlu memastikan di mana toko yang menyediakan barang tersebut.

Untuk kekurangannya, kita tidak bisa melihat secara langsung barang yang kita inginkan. Karena berupa tulisan dan gambar atau video.

Selain itu khawatir terjadi penipuan. Uang sudah ditransfer tapi barang tidak datang atau tidak dikirim. Bisa juga barang rusak saat kita terima.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi