Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Soal dan Jawaban Belajar dari Rumah TVRI 12 Agustus 2020 SMA, Energi Terbarukan

Baca di App
Lihat Foto
Youtube/Cerdas Berkarakter Kemdikbud RI
Tangkapan layar
|
Editor: Serafica Gischa

KOMPAS.com - Program Belajar dari Rumah TVRI pada Rabu, 12 Agustus 2020 membahas Vokasi Kini: Anak Muda Mengawal Energi terbarukan untuk siswa SMA dan sederajat.

Dalam tayangan tersebut, terdapat tiga pertanyaan. Berikut soal dan jawabannya:

Soal 1: Energi terbarukan merupakan energi yang tidak pernah habis dibandingkan dengan energi fosil. Mengapa hal tersebut bisa terjadi?

Jawaban:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Energi terbarukan tidak pernah habis dibandingkan energi fosil karena energi terbarukan merupakan sumber energi alam yang digunakan secara bebas, bisa diperbarui terus menerus, dan tidak terbatas.

Sedangkan energi fosil bisa habis digunakan karena fosil berasal dari sisa-sisa hewan dan tumbuhan yang sudah mati jutaan tahun lalu.

Jika sudah habis, energi fosil tidak bisa didapatkan lagi. Fosil butuh jutaan tahun untuk bisa dimanfaatkan menjadi energi.

Energi tak terbatas tersebut, yaitu:

Soal 2: Bagaimana perkembangan profesi energi terbarukan ini di Indonesia? Jelaskan besar peluang Indonesia untuk energi terbarukan ini?

Jawaban:

Saat ini perkembangan profesi energi terbarukan di Indonesia masih sangat sedikit. Banyak generasi muda yang belum paham mengenai energi terbarukan. Sehingga ketertarikan generasi muda untuk hal ini masih minim.

Padahal banyak sekali sumber energi terbarukan yang bisa dibuat menjadi sebuah lapangan pekerjaan, misalnya mobil atau motor listrik, pembuatan panel tenaga surya, pembangkit listrik tenaga air atau angin, dan masih banyak lainnya.

Peluang Indonesia untuk energi terbarukan sangat besar sekali, apalagi Indonesia memiliki sumber daya alam yang sangat berlimpah.

Selain itu, dengan iklim tropis yang dimiliki Indonesia sangat membantu untuk mengembangkan energi terbarukan, khususnya angin, air, dan matahari.

Soal 3: Sumber daya apa saja yang bisa menjadi energi terbarukan paling banyak di Indonesia? Lalu bagaimana pemanfaatannya di Indonesia dalam kehidupan sehari-hari?

Jawaban:

Sumber daya energi terbarukan yang paling banyak di Indonesia, yaitu:

  • Tenaga air (hydropower)

Indonesia memiliki sumber air yang berlimpah, baik sungai hingga laut yang luas. Dengan air yang mengalir tersebut digunakan untuk memutar kincir.

Putaran kincir tersebut menjadi energi mekanis industri. Aliran air juga bisa menghasilkan listrik melalui turbin dan generator. Di Indonesia tenaga air biasanya digunakan sebagai Pembangkut Listrik Tenaga Air.

  • Energi matahari (solar power)

Matahari adalah sumber energi terbesar. Sinar matahari atau tenaga surya dapat memanaskan, memberi penerangan, dan menghasilkan listrik.

Di Indonesia banyak sekali teknologi yang memanfaatkan energi matahari cukup banyak, salah satunya kendaraan listrik. Kendaraan listrik ini bisa menggunakan panel surya atau solar panel yang diubah menjadi tenaga listrik.

  • Energi angin (wind power)

Angin adalah udara yang bergerak dan bisa dimanfaatkan sebagai sumber energi. Angin mampu menghasilkan listrik dengan menggunakan turbin. Turnin ini menggerakkan generator pembangkit listrik.

Karakteristik angin di Indonesia memang tidak sekencang di negara-negara subtropis, terlebih Indonesia berada di garis khatulistiwa. Namun, sebenarnya tetap bisa dimanfaatkan.

Salah satunya di daerah Sumba terdapat lebih dari 100 unit kincir angin dengan masing-masing berkapasita 50 watt dan tetap bisa mengalirkan listrik ke permukinan selama 5 tahun berjalan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi