Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Partisipasi Aktif Indonesia dalam Perdamaian Dunia

Baca di App
Lihat Foto
RENE L PATTIRADJAWANE
Sesuai dengan aslinya, Batalyon Infantri Lintas Udara 503 Kostrad, tidak ada masalah bagi Kontingen Garuda XII untuk diterbangkan dalam beberapa sorti. Dengan tertib pasukan Garuda XII naik pesawat C-160 Transal milik Perancis yang akan membawanya ke Phnom Penh, ibu kota Kamboja. Dibutuhkan enam sorti untuk memindahkan sekitar 500 orang pasukan dari Kompong Som ke Phom Penh.
|
Editor: Serafica Gischa

KOMPAS.com - Sebagai sebuah negara, Indonesia harus berpartisipasi aktif dalam perdamaian dunia. Hal tersebut menjadi salah satu tujuan nasional yang ingin dicapai Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Dalam buku Paradigma Baru Pendidikan Kewarganegaraan (2019) karya Winarno, peran serta Indonesia dalam pemeliharaan perdamaian merupakan amanat Pembukaan UUD 1945, alenia keempat yaitu:

"..Ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial.."

Hal tersebut menunjukkan bahwa Indonesia menekankan pentingnya partisipasi aktif dalam dunia internasional. Dunia yang aman dan damai tentu menjadi harapan semua manusia, termasuk Indonesia.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baca juga: Tujuan Politik Luar Negeri Indonesia

Untuk menciptakan perdamaian dunia yang abadi, adil, dan sejahtera, Pemerintah Indonesia mengambil sikap politik luar negeri yang bebas dan aktif. Berdasarkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, bebas dan aktif memiliki arti:

Partisipasi Indonesia dalam perdamaian dunia adalah dengan menjadi anggota pasukan perdamaian, yang sudah diikuti sejak tahun 1957.

Pasukan pemeliharaan perdamaian dari Indonesia dikenal dengan Kontingen Garuda atau Konga. Kemudian pada 1967 hingga saat ini pasukan Garuda Indonesia telah diterjunkan di berbagai kawasan konflik bersama pasukan perdamaian PBB.

Baca juga: Pengertian Sistem Politik

Bentuk partisipasi aktif Indonesia

Dalam berpartisipasi aktif membangun perdamaian dunia, terdapat beberapa bentuk yang dapat dilakukan, yaitu:

Baca juga: Politik Etis: Kebijakan, Penyimpangan dan Dampak

Lihat Foto
FREEPIK/CHATIMAGE
Ilustrasi.
Politik luar negeri Indonesia

Politik luar negeri Indonesia ditujukan untuk kepentingan stabilitass dan kelancaran pembangunan di segala bidang. Tujuan politik luar negeri Indonesia, sebagai berikut:

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi