Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sultan Agung Melawan Jan Pieterszoon Coen

Baca di App
Lihat Foto
Rijksmuseum Amsterdam/Atlas of Mutual Heritage
Peta Kota Batavia yang diterbitkan oleh Homannischen Erben pada 1733 ini menampilkan Kota Batavia dengan tembok kota dan pertahanan bentengnya, juga ilustrasi tentang warganya.
|
Editor: Serafica Gischa

KOMPAS.com - Perlawanan bangsa lokal melawan VOC sangat gempar terjadi di masa lampau. Salah satu yang paling terkenal adalah Sultan Agung melawan Jan Pieteszoon Coen.

Tujuan Sultan Agung menyerang Batavia yang dikuasai VOC adalah agar dapat menakhlukan dan mengancurkan kota tersebut.

Menurut Siti Ma’rifah dalam Perlawanan Sultan Agung Terhadap VOC 1628-1629 (2014), setidaknya ada beberapa hal yang membuat Sultan Agung berani melawan VOC yang dipimpin oleh Jan Pieterszoon Coen beberapa di antaranya adalah:

Baca juga: Perlawanan Kolonialisme dan Imperialisme: Maluku Angkat Senjata

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penyerangan

Penyerangan Sultan Agung atas VOC yang dipimpin oleh Jan Pieterszoon Coen terbagi menjadi 2 penyerangan yakni pada tahun 1628 dan 1629.

Penyerangan pada tahun 1628 dianggap gagal karena awalnya pasukan Mataram berhasil menyerang benteng namun tidak mau mendekati Batavia karena banyaknya korban yang tewas.

Baca juga: Perlawanan Aceh Terhadap Portugis dan VOC

Di samping itu, fokus tentara Mataram hanya pada benteng Hollandia dan untuk menuntaskan pengepungan, Belanda mengerahkan 300 serdadu dan 100 orang sipil untuk membakar dan merusak seluruh pos terdepan Mataram.

 

Penyerangan kedua adalah pada tahun 1629. Di dalam penyerangan ini dipimpin oleh Kyai Adipati Juminah, K.A. Purbaya, dan K.A. Puger.

Pada masa penyerangan ini, VOC membakar gunungan padi atau lumbung padi yang membuat banyak pasukan Mataram kelaparan. Pengepungan ini tercatat hanya berlangsung selama 1 bulan.

Dalam Sejarah Nasional Indonesia (2019) karya Miskuindu, Jan Pieterszoon Coen meninggal karena terkena Kolera pada 1629. Faktor inilah yang membuat pasukan Mataram ditarik dan mereka tetap gagal untuk menyerang Batavia.

Baca juga: Runtuhnya VOC

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi