Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jaringan Dewasa pada Tumbuhan

Baca di App
Lihat Foto
Jaringan tumbuhan
|
Editor: Rigel Raimarda

KOMPAS.com - Jaringan dewasa adalah jaringan tumbuhan yang sudah selesai mengalami pertumbuhan.

Pada jaringan dewasa, sel-sel telah berhenti membelah dan telah terbentuk dengan sempurna berdasarkan fungsi-fungsinya.

Jaringan dewasa tersusun atas jaringan pelindung, jaringan parenkim, jaringan penguat, dan jaringan pengangkut. Simak penjelasannya seperti dirangkum dari Encyclopaedia Britannica!

Jaringan Pelindung

Jaringan pelindung adalah jaringan yang melindungi bagian dalam tumbuhan dari lingkungan luar.

Jaringan pelindung tersusun atas jaringan epidermis dan jaringan gabus.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jaringan epidermis adalah jaringan yang menyelimuti seluruh bagian tumbuhan atau dapat dikatakan sebagai kulit luar tumbuhan.

KOMPAS.com/SILMI NURUL UTAMI Jaringan epidermis

Dari gambar dapat terlihat bahwa jaringan epidermis tersusun atas sel-sel yang sangat rapat tanpa adanya ruang antar sel.

 

Hal ini memungkinkan jaringan epidermis untuk melindungi tumbuhan dari kehilangan air dan juga cedera fisik yang ditimbulkan oleh lingkungan luar.

  • Jaringan Gabus

Jaringan gabus adalah jaringan yang terbentuk apabila jaringan epidermis rusak. Jika jaringan epidermis rusak, jaringan gabus akan segera terbentuk untuk menutupi dan melindungi bagian dalam dari tumbuhan.

Jaringan Parenkim

Jaringan parenkim adalah jaringan dasar pembentuk tubuh tumbuhan. Jaringan parenkim memiliki sel-sel bulat yang berdinding tipis dan terdapat disemua bagian tumbuhan.

Sel-sel pada jaringan parenkim tidak terspesialisasi sehingga dapat beradaptasi fungsinya sesuai dengan tempat dimana jaringan tersebut berada. Oleh karenanya,  jaringan parenkim memiliki banyak fungsi.

Baca juga: Faktor Oksigen pada Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan

Jaringan parenkim udara tersusun atas sel-sel yang renggang sehingga terdapat banyak ruang antar sel-sel tersebut.

Ruang antar sel inilah yang memungkinkan transport gas pada jaringan parenkim.

Jaringan parenkim makanan dapat menyimpan cadangan makanan dalam plastida. Parenkim pengangkut berfungsi untuk transport zat pada tumbuhan.

Jaringan Penguat

Jaringan penguat adalah jaringan yang berfungsi sebagai penopang tubuh tumbuhan. Jaringan penguat terdiri atas jaringan kolenkim dan sklerenkim.

  • Jaringan Kolenkim

Jaringan kolenkim adalah jaringan penguat tumbuhan yang ada sebelum terbentuknya jaringan kayu atau saat sel-sel masih aktif membelah.

Kolenkim tersusun atas sel-sel panjang yang berdinding tebal. Dinding selnya terbentuk dari pektin dan selulosa.

Karena terdapat pada jaringan meristem, jaringan kolenkim memiliki sel yang padat tanpa ruang antar sel karena masih terus berkembang.

  • Jaringan Sklerenkim

Jaringan sklerenkim adalah jaringan penguat tumbuhan yang terdapat pada bagian tumbuhan yang sudah berhenti membelah (jaringan dewasa).

Baca juga: Apa Saja yang Tidak Dimiliki Sel Hewan namun Dimiliki Sel Tumbuhan?

KOMPAS.com/SILMI NURUL UTAMI Jaringan sklerenkim

Sklerenkim tersusun atas sel-sel mati berdidin tebal yang terbentuk dari lignin (sel kayu). Sel-sel sklerenkim bersifat sangat kaku dan ditemukan pada kulit kayu ataupun batang kayu dewasa.

Jaringan Pengangkut

Seperti namanya, jaringan pengangkut berfungsi sebagi sistem trasportasi mineral, air, dan hasil fotosintesis. Trasportasi zat ini memiliki dua jalan yaitu pembuluh xilem dan pembuluh floem.

  • Xilem

Xilem adalah pembuluh yang berfungsi untuk mengantarkan air dan mineral yang diserap dari akar naik ke daun dan bagian tumbuhan lainnya.

  • Floem

Floem adalah pembuluh yng berfungsi mengangkut hasil fotosintesis daun ke seluruh tubuh tumbuhan. Sel-sel penyusun floem berbentuk panjang dan berlubang lubang saling berhimpit menyerupai serat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi