Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jenis-Jenis Animasi

Baca di App
Lihat Foto
KOMPAS.com/ARUM SUTRISNI PUTRI
Ilustrasi tentang jenis-jenis animasi.
|
Editor: Arum Sutrisni Putri

KOMPAS.com – Jenis animasi ada lima, yaitu animasi tradisional, animasi 2D, animasi 3D, motion graphic, dan stop motion. Berikut ini penjelasannya:

Jenis-jenis animasi

Ingatkah kamu apa itu animasi? Menurut Encyclopaedia Britannica, animasi adalah seni membuat benda mati tampak bergerak.

Melansir 99designs, animasi adalah pengambilan gambar statis yang berurutan dari gambar atau foto. Lalu memutarnya secara berurutan untuk meniru gerakan seperti di dunia nyata.

Dalam perkembangannya ada berbagai macam animasi. Mengutip dari Studio Binder, jenis animasi ada 5, yaitu:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

  1. Animasi tradisional
  2. Animasi 2D
  3. Animasi 3D
  4. Motion Graphic
  5. Stop Motion

Baca juga: Apa itu Bitmap?

Penjelasan:

Animasi tradisional adalah salah satu bentuk animasi tertua dalam film. Terkadang disebut animasi sel. Pada jenis animasi tradisional objek digambar di atas kertas transparan seluloid.

Untuk membuat urutan animasi, animator harus menggambar setiap frame. Mekanismenya sama dengan flipbook hanya saja dibuat dalam skala yang lebih besar.

Animasi 2D dikontrol oleh vektor. Keunggulan grafik vektor adalah dapat diperbesar atau diperkecil tanpa mengkhawatirkan resolusi.

Ciri vektor seperti jalur dengan berbagai titik awal dan akhir. Garis yang menghubungkan titik-titik ini digunakan untuk membangun grafik.

Bentuk garis atau kurva pada vektor dapat dibuat untuk membentuk karakter atau gambar lainnya.

Animasi berbasis vektor menggunakan nilai matematika untuk mengubah ukuran gambar. Sehingga gerakannya bisa bergerak dengan lancar dan halus.

Sistem ini bisa digunakan untuk jangka panjang. Sehingga animator tidak perlu terus-menerus menggambar karakter yang sama.

Baca juga: Mengolah Objek pada CorelDraw

Pada animasi 3D, animator menggunakan program untuk menggerakkan bagian tubuh karakter. Dengan mengatur digital frame saat semua bagian karakter berada di posisi tepat.

Animator biasanya melakukan ini pada setiap frame. Kemudian komputer menghitung gerakan dari setiap frame yang dihasilkan.

Para animator hanya perlu menyesuaikan dan mengubah lengkungan serta gerakan yang dilakukan oleh tiap-tiap karakter.

Animasi 3D unik karena biasanya seluruh tubuh karakter selalu terlihat.

Misal jika karakter menghadap ke samping, animator hanya perlu menggambar profil samping dalam animasi 2D. Lalu mengimplementasikannya pada animasi 3D agar bagian tubuh bisa terlihat seluruhnya.

Baca juga: Mengenal Adobe Photoshop

  • Motion graphic

Motion graphic adalah potongan-potongan grafik digital yang menciptakan ilusi gerakan. Biasanya untuk mengkomunikasikan sesuatu kepada penonton, seperti iklan, urutan judul dalam film, dan lainnya.

Motion graphic biasanya digabungkan dengan suara untuk proyek multimedia tertentu. Jenis animasi ini banyak digunakan dalam bisnis, biasanya ditambah dengan penggunaan teks.

  • Stop motion

Stop motion adalah jenis animasi yang jauh lebih tua melebihi animasi komputer 3D.

Animasi stop motion terdiri dari claymation, pixelation, object-motion, animasi cut-out, dan lainnya. Mekanisme dasarnya mirip dengan animasi tradisional atau flipbook.

Stop motion menjadi salah satu animasi yang proses pembuatannya bisa sangat sulit. Dengan menghentikan gerakan gambar dan menyesuaikan objek fisik pada setiap frame.

Gerakan diatur sedikit demi sedikit atau cepat, lalu disimpan pada satu frame di satu waktu sampai menghasilkan ilusi bergerak.

Pembuatan stop motion bisa menggunakan boneka, tanah liat, atau bahkan orang sungguhan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi