Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Menggunakan Seleksi pada Adobe Photoshop

Baca di App
Lihat Foto
www.theverge.com
Ilustrasi selection di Adobe Photoshop
|
Editor: Serafica Gischa

KOMPAS.com – Seleksi adalah area gambar yang ditentukan untuk dimanipulasi serta memungkinkan untuk mengisolasi satu atau beberapa bagian gambar tertentu.

Dengan memilih area tertentu, obyek dapat diedit dengan menerapkan efek serta filter ke bagian gambar. Di sisi lain, area gambar yang tidak dipilih atau tidak ditentukan tidak akan terkena efek atau filter sama sekali.

Dilansir dari situs resmi Adobe, editor foto juga membuat pilihan dengan berbagai alat seleksi (selection), perintah (commands) , dan ruang kerja Select and Mask di Photoshop.

Baca juga: Cara Menggunakan Layer pada Adobe Photoshop

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jika sudah menentukan pilihan, sebuah garis perbatasan muncul di sekitar area yang dipilih. Dengan memilih (select) maka tools bisa memindahkan, menyalin, atau menghapus piksel di dalam batas pemilihan.

Dengan memilih atau menentukan area obyek, maka afrea di luar batas pilihan tidak bisa disentuh atau di edit sampai tools select di batalkan.

Cara menggunakan

Mengutip dari Photoshopessentials, editor perlu menentukan area yang dapat diedit untuk menyempurnakan gambar yang dibuat.

Editor dapat dengan mudah menggunakan salah satu dari berbagai alat seleksi di Photoshop untuk membuat pilihan dengan cepat.

Baca juga: Apa itu Hardware?

Beberapa menu seleksi pada Adobe Photoshop seperti:

Object Selection tool sangat berguna saat memilih salah satu obyek atau bagian dari obyek dalam gambar yang berisi banyak obyek. Sedangkan perintah Select Subject dirancang untuk memilih semua subyek utama pada gambar.

Untuk memilih semua piksel pada sebuah lapisan di dalam batas kanvas, berikut yang perlu dilakukan:

Sedangkan untuk membatalkan layer yang sudah dipilih, lakukan salah satu cara di bawah ini:

Jika menggunakan Rectangle Marquee tool, Elliptical Marquee tool, atau Lasso tool, cukup klik area apa saja pada gambar di luar area yang dipilih.

Baca juga: Mengolah Teks Pada Program CorelDRAW

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi