Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Informasi yang Dibutuhkan Ketika Melamar Kerja dalam Bahasa Inggris

Baca di App
Lihat Foto
KOMPAS.com/ARUM SUTRISNI PUTRI
Ilustrasi informasi yang muncul di surat lamaran pekerjaan (information that appears in application letter).
|
Editor: Arum Sutrisni Putri

KOMPAS.com – What is the information needed when applying for a job? Apa saja informasi yang dibutuhkan ketika melamar sebuah pekerjaan?

Mengutip Cambridge Dictionary, job application is a letter or form containing details of your qualifications, skills, experience, etc. that you send to an organization when you are applying for a job with them.

Lamaran pekerjaan adalah surat atau formulir yang berisi rincian, kualifikasi, keterampilan, pengalaman, dan lain-lain yang dikirim kepada organisasi atau perusahaan ketika melamar pekerjaan.

Saat melamar pekerjaan, pelamar perlu memberikan beberapa informasi agar perusahaan tahu tentang identitas dan kualifikasinya.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dengan begitu, perusahaan bisa yakin untuk memanggil pelamar ke tahap wawancara atau tes yang lain. Biasanya jika secara langsung, pelamar akan mendapatkan formulir.

Baca juga: The Purpose of an Application Letter

Lalu apa saja informasi yang dibutuhkan ketika melamar pekerjaan?

Melansir The Balance Careers, the information needed when applying for a job are personal information, education and experience, employment history(for both current and prior positions), references, availability, dan certification.

Informasi yang perlu ketika melamar pekerjaan adalah informasi pribadi, pendidikan dan pengalaman, riwayat pekerjaan (untuk posisi saat ini maupun sebelumnya), referensi, bagaimana mendapatkan referensi, ketersediaan, dan sertifikasi.

Berikut ini penjelasannya:

Biasanya pada bagian informasi pribadi yang perlu dituliskan oleh pelamar adalah nama, alamat tempat tinggal, nomor telepon yang bisa dihubungi, alamat email, dan informasi opsional seperti akun media sosial dan sejenisnya.

Baca juga: Structure of a Job Application Letter

Pada bagian ini, dicantumkan adalah riwayat pendidikan. Seperti tingkat pendidikan, nama sekolah dan universitas, tahun masuk dan tahun lulus, serta kemampuan dan pengalaman yang didapat dari pendidikan tersebut.

Beberapa perusahaan menginginkan pelamar mencantumkan detail pekerjaan yang pernah diambil oleh pelamar.

Biasanya pada riwayat pekerjaan ada nama perusahaan, posisi apa yang diambil, jobdesk, identitas atasan, gaji terakhir, dan lain-lain saat bekerja di perusahaan sebelumnya.

Baca juga: How to Write an Application Letter

Pelamar bisa mencantumkan referensi seperti nama, jenis pekerjaan, perusahaan, dan alamat.

Ketersediaan ini merujuk pada waktu pelamar biasanya bekerja. Ketersediaan bisa berupa jam, hari kerja, dan kapan pelamar bisa mulai bekerja jika diterima di perusahaan yang dilamar.

Pada bagian ini, pelamar diminta menandatangani formulir yang menyatakan bahwa informasi yang diberikan benar adanya. Ketika melamar pekerjaan secara online, tersedia juga bagian di mana pelamar harus mengklik kotak yang fungsinya sama seperti tanda tangan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi