Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Klasifikasi, Tabulasi, dan Pembuatan Grafik untuk Sebuah Peta

Baca di App
Lihat Foto
shutterstock.com/By Liderina
Ilustrasi klasifikasi pembuatan peta
|
Editor: Serafica Gischa

KOMPAS.com – Tujuan pembuatan peta salah satunya adalah untuk menampilkan informasi tentang muka bumi. Sebelum ditampilkan dalam bentuk peta, informasi tersebut tersaji dalam bentuk data.

Agar mempermudah pembacaan dan penggambaran data ke dalam peta, maka perlu dilakukan langkah-langkah seperti klasifikasi data, tabulasi data, dan pembuatan grafik.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, klasifikasi merupakan penyusunan bersistem dalam kelompok menurut kaidah atau standar yang ditetapkan.

Klasifikasi data diartikan sebagai pengelompokan data. Klasifikasi data dilakukan terhadap data yang jumlahnya banyak dan sifatnya sangat variatif.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baca juga: Teknik Dasar Pembuatan Peta

Setelah klasifikasi data, langkah selanjutnya adalah tabulasi data. Data yang begitu banyak jumlahnya dan variatif akan membingungkan pihak pengolah data. Oleh sebab itu, tabulasi data perlu dilakukan.

Dilansir dari Kamus Geografi Istilah dan Penjabarannya (2016) karya Putri Fitria, tabulasi merupakan metode penyusunan data dalam sebuah daftar. Tabulasi data sering diartikan sebagai metode meringkas data.

Menyajikan data dalam bentuk grafik

Ketika data sudah diringkas, langkah selanjutnya adalah menyajikan data dalam bentuk grafik.

Penyajian data dalam bentuk grafik dimaksudkan agar data lebih mudah dipahami dan penampilan data menjadi lebih menarik. Grafik sendiri dibedakan menajdi tiga jenis, yaitu:

Merupakan bentuk penyajian data yang digambarkan dalam bentuk lingkaran dengan jari-jari lingkaran yang membagi lingkaran secara proporsional antara sudut lingkaran dengan presentase data.

Baca juga: Perbedaan Peta, Atlas, dan Globe

 

  • Grafik batang (bar graph)

Merupakan bentuk penyajian data yang digambarkan dalam bentuk segi empat, baik yang berbentuk vertikal maupun horizontal. Grafik data biasanya digunakan untuk menyajikan data dinamika dan komposisi penduduk.

  • Grafik garis (line graph)

Merupakan bentuk penyajian data yang digambarkan dalam bentuk garis atau titik-titik. Grafik garis juga bisa berbentuk sumbu.

Baca juga: Peta Timbul, Peta yang Dibuat Menurut Bentuk Permukaan Bumi Sebenarnya

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Sumber: KBBI
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi