Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Laju Reaksi: Peran Katalis dalam Berbagai Bidang

Baca di App
Lihat Foto
Ilustrasi pembuatan ammonia
|
Editor: Rigel Raimarda

KOMPAS.com - Katalis adalah suatu zat yang dapat mempercepat terjadinya reaksi kimia tanpa dikonsumsi atau dipakai oleh reaksi tersebut.

Selain mempercepat, katalis juga dapat menghemat energi yang digunakan untuk suatu reaksi kimia tanpa menganggu kesetimbangan reaksi.

Karena sifatnya ini, katalis memiliki banyak manfaat bagi kehidupan di Bumi. Berikut beberapa peran katalis dalam berbagai bidang:

Katalis bagi makhluk hidup

Pada tubuh makhluk hidup terdapat banyak katalis yang biasa disebut sebagai enzim. Enzim adalah katalis biologi untuk proses biokimia dalam tubuh makhluk hidup.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dilansir dari Encyclopaedia Britannica, dalam tubuh manusia banyak sekali ditemukan enzim seperti enzim amylase yang berfungsi untuk memecah molekul karbohidrat menjadi gula.

Baca juga: Jenis-Jenis Ikatan Kimia

Kemudian ada enzim protease yang berfungsi untuk memecah protein, dan juga enzim lipase yang berfungsi untuk memecah lemak.

Enzim sebagai biokatalis sangat berperan penting dalam pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup.

Contoh katalis lainnya adalah saat kamu mengupas buah dan membiarkannya beberapa menit, buah tersebut akan berubah warna menjadi kekuningan lalu kecoklatan.

Hal ini dikarenakan adanya enzim oksidase. Enzim oksidase adalah enzim yang mempercepat proses oksidasi.

 

Katalis dalam industri

Dalam bidang industri, katalis digunakan untuk mempercepat reaksi kimia tanpa harus menaikkan suhu ataupun mengganggu kesetimbangan kimia.

Penggunaan katalis dapat mereduksi biaya produksi dan juga menghemat energi.

Dalam bidang industri, katalis digunakan dalam pembuatan asam sulfat dan juga ammonia. Pembentukan asam sulfat berupa reaksi kimia yang berlangsung sangat lambat. Sehingga digunakan katalis vanadium oksida (silika) untuk mempercepatnya.

Pembentukan ammonia juga sangat tidak stabil sehingga katalis besi digunakan agar gas ammonia tidak kembali terurai menjadi gas hidrogen dan nitrogen.

Baca juga: Perubahan Entalpi pada Reaksi Kimia

Dilansir dari LIPI, dalam industri penerbangan, katalis digunakan untuk memurnikan nafta atau bahan bakar pesawat.

Katalis platinum dan renium digunakan untuk menghilangkan molekul non-hidrokarbon, sulfur, nitrogen, oksigen dan juga logam organik yang masih terkandung di dalam nafta. Sehingga bisa dihasilkan bensin dengan mutu tinggi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi