Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perbedaan Power Point dan Google Slides

Baca di App
Lihat Foto
Aplikasi pembuat presentasi, Google Slides (kiri) dan PowerPoint (kanan)
|
Editor: Nibras Nada Nailufar

KOMPAS.com – Selama belasan tahun, PowerPoint diandalkan untuk membuat presentasi. Namun beberapa tahun belakangan, banyak juga yang memilih membuat presenrasi di Google Slides. 

Saat ini, kedua program tersebut digunakan secara luas dan hampir sama populernya di kalangan pengguna. Tapi keduanya punya perbedaan. Simak perbedaan PowerPoint dan Google Slides!

Aksesibilitas

Google Slides tidak memerlukan instalasi perangkat lunak apa pun untuk dapat berjalan. Ini karena Google Slides adalah perangkat lunak yang tersedia di internet.

Yang Anda butuhkan untuk mulai mempersiapkan presentasi hanyalah akun Google dan sambungan internet. Layanan Google Slides gratis untuk digunakan.

Baca juga: Mengenal PowerPoint

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sedangkan PowerPoint membutuhkan perangkat lunak Microsoft Office untuk diinstal pada PC agar dapat digunakan. Pengguna harus membeli programnya untuk kemudian dipasang di komputernya.

Kendati demikian, kini Microsoft juga mengembangkan PowerPoint Live, versi PowerPoint yang bisa diakses online.

Cadangan dan penyimpanan

Google Slides menyimpan semua data di Goole Drive yang berbasis cloud. Artinya, pengguna tidak perlu menekan "Save" untuk menyimpan. Semua perubahan secara otomatis disimpan ke cloud secara real-time.

 

Adapun PowerPoint tidak menawarkan penyimpanan otomatis. Presentasi disimpan di hard disk Anda dan dapat diakses di komputer. Setiap ingin menyimpan, harus memilih "Save".

Penyimpanan otomatis hanya tersedia di versi terbaru yakni PowerPoint 2016 atau Office 365.

Efek khusus

Google Slides menawarkan animasi dan transisi dasar yang lebih sedikit dibandingkan dengan PowerPoint.

PowerPoint, sebaliknya, adalah perangkat lunak yang punya lebih banyak fitur dan efek khusus (refleksi, 3D, dan transisi) yang hanya tersedia dalam versi berbasis desktop.

Template yang sudah jadi

Google Slides hadir dengan pilihan template dasar siap pakai yang dapat diedit dan diubah sesuai dengan selera.

Baca juga: Kegunaan PowerPoint

PowerPoint juga menyertakan pilihan template yang siap digunakan untuk berbagai tujuan. Dalam hal keragaman template, PowerPoint jelas jauh lebih unggul dengan ribuan template yang bisa diubah sesuai keinginan.

Di internet tersedia pula jutaan template baik yang gratis maupun berbayar untuk diunduh.

Font

Google Slides mendukung semua Google Fonts, jadi Anda memiliki berbagai macam font yang tersedia tanpa perlu menginstal apapun.

PowerPoint menggunakan font yang diinstal secara lokal. Ini berarti jika ingin menggunakan font tertentu atau font baru, pengguna harus menginstal font terlebih dulu di komputernya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Baca tentang
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi