Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengertian dan Proses Terjadinya Korosi

Baca di App
Lihat Foto
myfreetextures.com
Ilustrasi sebuah baja berkarat.
|
Editor: Rigel Raimarda

KOMPAS.com - Korosi adalah proses kimia yang membuat logam membusuk. Pembusukan logam berbeda dengan pembusukan makanan maupun tubuh hewan namun lebih mirip dengan pelapukan kayu.

Dilansir dari Encyclopedia Britannica, korosi terjadi ketika permukaan logam bersentuhan dengan gas atau cairan kimiawi. korosi menyebabkan logam menjadi berlubang, rapuh, dan berubah warna menjadi coklat.

Reaksi redoks yang tidak diinginkan pada besi dapat menyebabkan karat berawarna merah kecoklatan.

KOMPAS.com/SILMI NURUL UTAMI Korosi pada besi
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dari gambar, terlihat bahwa cekungan pada besi dapat menyebabkannya berubah menjadi anoda dan menyebabkan terjadinya reaksi redoks secara spontan.

Baca juga: Pengertian dan Prinsip Kerja Sel Volta

 

Pada kasus ini, goresan pada besi yang tipis pun dapat memicu reaksi redoks dan membentuk karat pada permukaan besi. Dilansir dari Chemical LibreTexts, karat-karat tersebut akan mengelupas membuat celah lain dan memicu reaksi redoks yang baru.

Itulah kenapa karat pada besi selalu melebar dan bertambah banyak. Korosi merupakan reaksi redoks yang tidak diinginkan. Dalam kehidupan sehari-hari korosi sangat mudah dijumpai.

Dilansir dari Encyclopedia Britannica, semua benda yang berbahan dasar logam dapat berkarat seiring dengan waktu karena kontak dengan air, oksigen, udara, suhu hangat, asam, dan juga garam.

 

Jembatan dan rel kereta api merupakan fasilitas penting yang sangat rentan terhadap korosi. Karat pada jembatan dan kereta api dapat terbentuk karena kontak dengan udara dan juga air hujan serta kondisi alam lainnya.

Baca juga: Pengertian, Prinsip Kerja dan Stoikiometri Sel Elektrolisis

KOMPAS.com/SILMI NURUL UTAMI Korosi pada jembatan


Jembatan yang berkarat akan kehilangan kekuatannya dan dapat roboh menyababkan banyak kerugian juga bahaya bagi penggunanya. Begitu juga pada kereta api, karat pada rel dapat membuat rel rusak sehingga kereta tidak dapat lewat.

Inilah mengapa cat digunakan, cat berfungsi untuk menghindari goresan pada logam yang dapat mengakibatkan reaksi redoks spontan.

Korosi tidak akan terjadi bila logam tidak bersentuhan dengan udara maupun air, itulah mengapa tukang kayu sering kali meletakkan paku-paku miliknya kedalam wadah berisi minyak. Karena dalam minyak tidak ada oksigen ataupun air penyebab berkaratnya paku.

Logam dapat dilapisi logam lain untuk melindunginya dari karat, seperti metode pelapisan seng (Zn) untuk menghindari karat pada baja. Campuran logam juga digunakan untuk menghasilkan logam yang lebih tahan karat seperti campuran logam nikel dan krom.

Baca juga: Logam Berusia 1.000 Tahun untuk Baja Tahan Karat Ditemukan di Iran

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi