Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Perbedaan Katabolisme dan Anabolisme?

Baca di App
Lihat Foto
shutterstock
Ilustrasi metabolisme sel
|
Editor: Rigel Raimarda

KOMPAS.com - Metabolisme adalah serangkaian reaksi kimia pada sel makhluk hidup yang berlangsung secara terus-menerus. Dilansir dari Encyclopaedia Britannica, proses kimiawi metabolisme menyediakan energi untuk menunjang aktivitas kehidupan.

Metabolisme terdiri dari dua proses yang berkesinambungan, yaitu katabolisme dan anabolisme.

KOMPAS.com/SILMI NURUL UTAMI Katabolisme dan anabolisme

Katabolisme

Katabolisme adalah penguraian molekul-molekul kompleks menjadi molekul-molekul yang lebih kecil untuk mendapatkan energi.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Katabolisme terjadi pada proses pencernaan makanan. Nasi yang kita makan merupakan karbohidrat, saat masuk kedalam pencernaan karbohidrat nasi dipecah menjadi glukosa dan energi dengan bantuan enzim amilase.

Baca juga: 6 Tanda Metabolisme Tubuh Bermasalah

 

Sel-sel makhluk hidup melakukan katabolisme untuk mendapatkan energi agar bisa bergerak, menghangatkan tubuh, dan juga berpikir.

 


Anabolisme

Kebalikan dari katabolisme, anabolisme adalah proses pembentukan senyawa kompleks (makromolekul) yang dibutuhkan oleh sel dari molekul sederhana dengan bantuan energi. Makromolekul hasil anabolisme digunakan untuk pertumbuhan tubuh makhluk hidup .

Contoh dari anabolisme adalah sintesis protein, sintesis DNA, fotosintesis.

  • Sintesis Protein

Sintesis atau pembuatan protein berlangsung didalam ribosom. Protein dibuat dari mikromolekul asam amino yang diperoleh dari hasil katabolisme. Protein berfungsi sebagai enzim dan juga struktur pembangun tubuh makhluk hidup.

Baca juga: Transformasi Energi dan Metabolisme Sel

  • Sintesis DNA

Dilansir dari Biology Dictionary, DNA atau asam deoksiribonukleat adalaeh materi genetik yang menentukan ciri fisik makhluk hidup. Makromolekul DNA tersusun dari mikromolekul basa-basa nukleotida sebelum pro pembelahan sel.

  • Fotosintesis

Fotosintesis tumbuhan dilakukan untuk membentuk glukosa yang digunakan sebagai bahan pertumbuhan tubuh tumbuhan. Gukosa terbentuk dari nutrient dan air yang dibantu oleh energi Matahari.

Anabolisme berperan penting dalam pertambahan tinggi makhluk hidup. Pada tulang manusia dan hewan terjadi anabolisme pembentukan sel-sel tulang.

Dilansir dari Biology Dictionary, kristal kalsium fosfat yang menempel pada tulang dan menyebabkan tulang bisa bertambah tinggi.

Baca juga: Metabolisme: Pengertian, Proses, dan Faktornya

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi