Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jaringan Epitelum, Ikat, Otot dan Saraf pada Vertebrata

Baca di App
Lihat Foto
campus.fei.org
Jaringan otot salah satu hewan vertebrata, salah satunya seekor kuda.
|
Editor: Rigel Raimarda

KOMPAS.com - Vertebrata adalah subfilum chordata berisikan makhluk yang memiliki tulang belakang. Makhluk hidup vertebrata tersusun atas empat jaringan dasar yaitu jaringan epitelium, jaringan ikat, jaringan otot, dan jaringan saraf.

Jaringan adalah kumpulan sel-sel dengan bentuk dan fungsi yang sama.

Jaringan Epitelium

Jaringan epitelium adalah jaringan terluar tubuh, biasanya melapisi permukaan tubuh bagian luar maupun bagian dalam seperti rongga tubuh dan organ dalam.

Jaringan Epitelium berfungsi untuk melindungi tubuh dari ancaman mekanis lingkungan luar seperti goresan dan benturan. Selain itu, jaringan epitelium dapat mentrasnpor zat kedalam dan keluar tubuh.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baca juga: Contoh Hewan Vertebrata dan Invertebrata dan Cara Geraknya

Contohnya adalah saat mandi kulit akan menyerap sedikit air untuk menjaga kelembabannya, namun saat cuaca panas kulit juga dapat mengeluarkan keringat karena memiliki pori-pori.

Jaringan epitelium juga merupakan penerima rangsang sehingga kamu bisa merasakan saat kulitmu disentuh, saat menyentuh es yang dingin, terkena api yang panas, bahkan merasakan sakit saat tersayat.

Jaringan Ikat

Jaringan ikat adalah jaringan yang berfungsi untuk mengikat dan melekatkan satu jaringan dengan jaringan lainnya. Jaringan ikat berdasarkan fungsinya terbagi menjadi dua yaitu jaringan ikat biasa dan jaringan ikat khusus.

Jaringan ikat biasa terbagi menjadi jaringan ikat padat dan jaringan ikat longgar. Jaringan ikat padat terdiri dari tendon yang melekatkan otot ke tulang dan ligament yang melekatkan satu tulang ke tulang lainnya.

Baca juga: Ciri-ciri dan Jenis Hewan Vertebrata

 

 

Jaringan ikat longgar memiliki serabut-serabut longgar yang berfungsi sebagai pemisah antar organ, melekatkan organ pada tubuh, dan juga melapisi pembuluh darah dan saraf.

Adapun jaringan ikat khusus adalah jaringan tulang rawan, jaringn tulang keras, jaringa darah, dan juga jaringan limfa.

Jaringan Otot

Jaringan otot adalah jaringan yang berfungsi untuk pergerakan tubuh makhluk hidup. Dilansir dari Encyclopedia Britannica, otot dibedakan menurut bentuk dan tempatnya berada, menjadi: otot lurik, otot polos, dan otot jantung.

KOMPAS.com/SILMI NURUL UTAMI Jenis-jenis otot


  • Otot Polos (Smooth Muscle)

Dilansir dari MedlinePlus otot polos terdapat pada dinding semua organ tubuh kecuali jantung. Otot polos berbentuk besar dibagian tengah dengan satu inti sel dan bekerja secara tak sadar.

Baca juga: Bisa 5 Abad, Inilah Vertebrata dengan Usia Terpanjang di Dunia

  • Otot Lurik (Skeletal Muscle Cell)

Otot lurik adalah sel berbentuk silindris dengan garis-garis terang dan gelap. Otot lurik bekerja secara sadar sesuai dengan perintah otak. Otot lurik adalah penggerak anggota gerak seperti tangan, kaki, dan bagian tubuh lainnya.

  • Otot Jantung (Cardiac Muscle)

Otot jantung adalah yang menyusun organ jantung dan berbentuk serabut lurik bercabang. Otot jantung bekerja secara tak sadar, artinya otot bekerja secara terus-menerus, teratur, dan tidak pernah mengalami kelelahan.

Jaringan Saraf

Dilansir dari Biocyclopedia, jaringan saraf adalah jaringan yang digunakan untuk menerima dan mengirimkan rangsang dari otak ke sel ataupun sebaliknya. Jaringan saraf terdiri dari sel-sel neuron berinti satu sebagai berikut:

KOMPAS.com/SILMI NURUL UTAMI Struktur neuron


Neuron terdiri dari badan sel yang mengandung inti, akson atau nerve fiber, dan nodus ranvier atau bagian batang neuron. 

 Baca juga: Hiu Ini Luar Biasa, Umurnya 272 Tahun, Vertebrata Terpanjang di Dunia

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi