Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menulis Surat Pribadi dalam Bahasa Inggris

Baca di App
Lihat Foto
KOMPAS.com/ARUM SUTRISNI PUTRI
Ilustrasi surat pribadi dalam bahasa Inggris (personal letter atau informal letter).
|
Editor: Arum Sutrisni Putri

KOMPAS.com – Personal letter adalah surat pribadi dalam bahasa Inggris. Have you ever sent a letter to someone? Apakah kamu pernah mengirim surat kepada seseorang? Mari simak pembahasan tentang surat pribadi berikut ini:

Definisi of personal letter

Menurut Cambridge Dictionary, personal is relating or belonging to a single or particular person rather than to a group or an organization.

Personal adalah berhubungan atau menjadi bagian dari satu orang atau orang tertentu bukan untuk suatu kelompok atau organisasi.

Sedangkan menurut Merriam-Webster, letter is a direct or personal written or printed message addressed to a person or organization.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Letter adalah pesan tertulis atau cetak langsung atau pribadi yang ditujukan kepada seseorang atau organisasi.

Jadi, personal letter adalah surat pribadi, yaitu sebuah surat informal yang dikirim dari satu individu ke individu lain yang sudah kenal baik dan isinya bersifat pribadi.

Biasanya jenis surat ini dikirim kepada teman atau keluarga atau sanak saudara.

Baca juga: Greetings: Menyapa dalam Bahasa Inggris

Fungsi sosial surat pribadi

Social function of personal letter is to inform our friends or families and strengthen the relationship despite the long distance.

Fungsi sosial surat pribadi adalah untuk menginformasikan teman atau keluarga dan mempererat silaturahim atau hubungan meskipun ada jarak yang jauh.

Struktur surat pribadi

Berikut struktur informal atau personal letter dikutip dari Your Dictionary:

Penulisan tanggal penulisan surat bisa diletakkan di pojok kiri atas. Namun kalian juga bisa tidak mencantumkannya dan langsung menulis informal salutation.

Salam informal biasanya memakai Dear my…,

Awal paragraf dari badan surat biasanya menceritakan alasan penulisan surat atau menanyakan kabar, bisa juga membalas apa yang di sampaikan di surat sebelumnya.

Bagian ini berupa hal-hal yang ingin disampaikan, biasanya berupa cerita yang menarik dari si penulis.

Pada bagian ini, hal yang disampaikan bisa berupa rangkuman singkat sebelum menutup suratnya.

  • Informal closing / Penutup informal

Penutup bisa berupa ucapan perpisahan atau harapan untuk penerima surat agar membalas suratnya.

  • P.S or P.P.S (Postscript) / Tulisan tambahan

Bagian ini opsional, bisa berupa informasi yang terlupakan di bagian isi surat atau hal-hal kecil lainnya.

Baca juga: Analytical Exposition Text: Pengertian, Tujuan, Struktur, serta Contoh

Unsur kebahasaan surat pribadi

Berikut unsur kebahasaan dari surat pribadi:

  • Struktur yang tepat
  • Isi yang jelas
  • Spelling dan grammar yang tepat
  • Bahasa yang alami dan hangat
  • Slang atau colloquial (bahasa sehari-hari)
  • Sapaan yang bersahabat
  • Tenses bisa berupa tenses apa saja tergantung konteks dan referensi waktu

Contoh surat pribadi

Berikut ini contoh surat pribadi dalam bahasa Inggris:

17th October, 2020

Dear my dearest friend Mia,

Hi! How are you? I’m sorry I haven’t write a single letter since you moved. I had been busy preparing my exams and I hope you’re not angry with me. I miss you so much and I write this letter because I want to share happiness with you.

Remember that I said I want to go to college? For months, I was preparing many things for my national exam and college entrance exam. I studied hard by myself. I studied at school, home, and even went to the library until midnight. You know, I’m very ambitious because I want to be a doctor someday. And guess what? I was accepted into A university! I’m very happy and now I’m preparing many things for my college. How about you? Did you apply for college? I always pray the best for you.

Yesterday I spent my free time on the beach we visited last year. It’s still beautiful and I hope we can go there again together. What about your new place? I heard that there are many beautiful beaches in Jogja.

It’s already 10 p.m. and I have to sleep. I just want to share my happiness with you and I hope you can do the same. Please reply this letter when you have time.

Love always,

Kinan

P.S. I give you my newest picture!

Baca juga: Narrative Text: Pengertian, Struktur dan Karakteristiknya

Terjemahan:

17 Oktober 2020

Untuk temanku tersayang Mia,

Hai! Bagaimana kabarmu? Aku minta maaf kalau aku tidak bisa menulis satu surat sejak kamu pindah. Aku sibuk mempersiapkan ujianku dan aku harap kamu tidak marah padaku. Aku sangat merindukanmu dan aku menulis surat ini karena aku ingin berbagi kebahagiaan denganmu.

Ingat kalau aku bilang aku ingin kuliah? Selama beberapa bulan, aku mempersiapkan banyak hal untuk ujian nasional dan ujian masuk perguruan tinggi. Aku belajar giat sendiri. Aku belajar di sekolah, rumah, bahkan pergi ke perpustakaan sampai tengah malam. Kamu tahu, aku sangat ambisius karena aku ingin menjadi seorang dokter kelak. Dan tebak? Aku diterima di universitas A! Aku sangat senang dan sekarang aku mempersiapkan banyak hal untuk kuliahku. Bagaimana denganmu? Apa kamu mendaftar kuliah? Aku selalu berdoa yang terbaik untukmu.

Kemarin aku menghabiskan waktu luangku di pantai yang kita kunjungi tahun lalu. Pantainya masih indah dan aku harap kita bisa ke sana lagi bersama. Bagaimana dengan tempat barumu? Aku dengar banyak pantai yang indah di Jogja.

Ini sudah jam 10 malam dan aku harus tidur. Aku hanya ingin berbagi kebahagiaanku denganmu dan aku harap kamu melakukan hal yang sama. Tolong balas surat ini saat kamu ada waktu.

Sayang selalu,

Kinan

P.S. Aku memberimu gambar terbaruku!

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi