Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sifat-Sifat Unsur Kimia

Baca di App
Lihat Foto
Besi litium
|
Editor: Rigel Raimarda

KOMPAS.com - Unsur-unsur yang ditemukan di alam memiliki sifat yang berbeda-beda.

Sifat unsurlah yang dapat membedakan satu unsur dengan unsur lainnya dan juga mengelopokkan unsur dengan sifat-sifat yang mirip.

Sifat unsur terbagi dua menjadi sifat fisik dan sifat kimia. Simak penjelasannya di bawah ini!

Dilansir dari Chemistry LibreTexts, sifat fisika unsur adalah karakteristik yang dapat dilihat tanpa mengubah unsur tersebut menjadi unsur yang baru dengan proses kimia.

Sifat unsur seperti wujud, warna, kelarutan, daya hantar, kemagnetan, titik didih, dan titik lebur.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sifat kimia unsur adalah sifat yang mengubah unsur menjadi zat baru dan juga bagaimana unsur tersebut bereaksi dengan zat lain.

Baca juga: Cara Membaca Sistem Periodik Unsur

Sifat-Sifat Unsur

Sifat-sifat unsur dalam tabel periodik berdasarkan sifat fisika dan sifat kimianya terbagi menjadi logam alkali, logam alkali tanah, halogen, dan gas mulia.

Unsur logam alkali adalah unsur yang terdapat pada golongan IA tabel periodik yaitu litium, natrium, kalium, rubidium, cesium, dan fransium.

Dilansir dari Encyclopaedia Britannica, logam alkali merupakan konduktor yang baik serta bersifat lentur dan juga ringan.

Logam alkali adalah unsur yang paling mudah bereaksi dengan unsur lain (reaktif). Alkali secara spontan dapat bereaksi dengan air, oksigen, non-logam, bahkan unsur halogen.

Hal ini menyebabkan logam alkali tidak dapat ditemukan dalam unsur murninya di alam.

  • Unsur Logam Alkali Tanah

Logam alkali tanah adalah unsur yang terdapat pada golongan IIA. Seperti pada namanya, logam alkali ditemukan dibawah tanah bukan dalam unsur murninya.

Logam alkali sangat reaktif dan dapat bereaksi dengan air membentuk basa. Logam alkali tanah memiliki titik didih dan titik leleh yang rendah.

  • Unsur Halogen

Unsur halogen adalah unsur yang terdapat pada golongan VIIA pada tabel periodik yaitu fluorin, klorin, bromin, iodin, dan astatin.

Baca juga: Tatanama Senyawa Kimia

Halogen diambil dari bahasa Yunani “hal” yang berarti garam dan “gen” yang berarti menghasilkan. Dari namanya, halogen berarti unsur yang menghasilkan garam atau natrium.

Titik didih dan titik leleh unsur halogen tinggi karena memiliki gaya Van der Walls. Halogen memiliki kelarutan yang tinggi dan dapat larut didalam air membentuk asam halogenida. 

  • Unsur Gas Mulia

Unsur gas mulia adalah unsur yang terdapat pada golongan VIIA pada tabel periodik yaitu helium, neon, argon, kripton, xenon, dan radon.

Kelompok unsur gas mulia tidak reaktif terhadap oksigen sehingga sangat sulit terbakar. Gas mulia tidak reaktif karena memiliki konfigurasi elektron yang paling stabil dengan 2 dan 8 elektron valensi.

Gas mulia memiliki titik didih dan titik leleh yang sangat rendah karena gaya antaratomnya lemah. Gas mulia memiliki kelarutan yang sangat rendah sehingga dapat mempertahankan bentuk gasnya dalam pelarut apapun.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi