Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aktivitas Tes Kebugaran Jasmani

Baca di App
Lihat Foto
Shutterstock
Ilustrasi
|
Editor: Ari Welianto

KOMPAS.com - Kebugaran jasmani merupakan modal utama dalam melakukan berbagai aktivitas, seperti belajar, mengerjakan tugas rumah dan lain sebaga inya.

Semakin rutin melakukan aktivitas latihan kebugaran jasmani, kemampuan aktivitas fisiknya akan semakin tinggi.

Agar mengetahui tingkat kebugaran jasmani seseorang, maka diperlukan tes untuk mengujinya. Tes kebugaran jasmani dilakukan untuk mengukur tingkat kebugaran jasmani.

Tahukah kamu apa saja bentuk tes kebugaran jasmani?

Dilansir dari situs Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), untuk mengetahui tingkat kekuatan serta daya tahan otot lengan dan bahu, bisa melakukan tes aktivitas pull-up selama 30 detik untuk putri dan 60 detik untuk putra.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baca juga: Bentuk Aktivitas Latihan Kebugaran Jasmani

Sedangkan untuk mengetahui tingkat kekuatan dan daya tahan otot perut, bisa melakukan tes aktivitas sit-up selama 60 detik untuk putri dan putra.

Selain melakukan pull-up dan sit-up, aktivitas tes kebugaran jasmani juga bisa dilakukan dengan berbagai aktivitas tes lainnya.

Berikut penjelasannya yang dikutip dari situs Very Well Fit dan Fitday.com:

Tujuannya untuk mengukur kekuatan serta daya tahan otot tubuh dan jantung.

Tes ini juga bertujuan untuk mengetahui tingkat kadar oksigen serta energi dalam tubuh ketika menjalani aktivitas fisik.

Tujuannya untuk mengukur tingkat kelenturan pada sendi bahu. Tes ini juga bertujuan untuk mengetahui apakah ada atau tidaknya bentuk ketidakseimbangan postur tubuh.

Baca juga: Latihan Kekuatan Otot Bahu dan Lengan

Tes ini dilakukan dengan meletakkan tangan di bagian belakang leher tepatnya bagian tengah bahu dan tangan satunya berusaha meraih tangan tersebut.

Tes ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kelenturan otot punggung bagian bawah serta orot hamstring (otot di bagian belakang paha).

Tes ini dilakukan dengan duduk dan posisi kaki lurus ke depan. Cobalah untuk meraih kedua ujung kaki dengan kedua tangan yang diluruskan ke depan.

Tes ini bertujuan untuk mengetahui kekuatan otot tungkai kaki.

Tes ini dilakukan dengan berdiri tegak di dekat dinding, kemudian melompat. Posisi tangan berusaha meraih titik tertinggi dinding.

Baca juga: Gerakan Ayunan Lengan dan Tangan dalam Gerak Berirama

  • Illinois agility run

Tes ini bertujuan untuk mengetahui kecepatan serta kelincahan tubuh.

Tes ini dilakukan dengan menaruh beberapa benda di tanah atau lantai dan kemudian berlari cepat sambil berusaha menghindari benda tersebut.

Tes kebugaran jasmani bertujuan untuk mengetahui seberapa kuat tubuh seseorang.

Pastikan untuk melakukan aktivitas latihan kebugaran jasmani secara rutin agar kesehatan serta daya tahan tubuh tetap terjaga.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi