Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penerapan Ilmu Sosiologi untuk Mengatasi Masalah Sosial

Baca di App
Lihat Foto
KOMPAS.COM/KRISTIANTO PURNOMO
Yunita, tukang rongsokan, tengah istirahat di kawasan Jalan MH Thamrin, Jakarta, Senin (22/4/2020). Di tengah pandemi Covid-19 dalam situasi yang sangat berat, pemerintah mengumumkan akan terjadi peningkatan jumlah angka kemiskinan hingga 3,78 juta orang.
|
Editor: Serafica Gischa

KOMPAS.com - Hampir semua sisi kehidupan manusia dapat dikaji oleh Ilmu Sosiologi, s
alah satunya tentang masalah sosial.

Dilansir dari buku Kajian-Kajian Ilmu Sosiologi (2019) karya Sri Muhammad Kusumantoro, masalah sosial merupakan ketidaksesuaian antara unsur kebudayaan (nilai dan norma) yang mengganggu dan membahayakan kehidupan masyarakat.

Salah satu masalah sosial yang dihadapi Indonesia dari tahun ke tahun adalah kemiskinan.

Dalam buku Pengantar Ringkas Sosiologi: Pemahaman Fakta dan Gejala Permasalahan Sosial (2020) karya Elly M. Setiadi, dijelaskan bahwa sesorang dikategorikan miskin apabila tidak mampu untuk memenuhi kebutuhan dasar, baik itu makanan atau bukan makanan.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baca juga: Penerapan Ilmu Sosiologi bagi Pembuat Keputusan

Sebagai sebuah ilmu yang mempelajari masyarakat, tentunya sosiologi dapat diterapkan untuk mengatasi masalah sosial seperti kemiskinan.

Penerapan ilmu sosiologi untuk mengatasi masalah sosial seperti kemiskinan yaitu dengan cara melakukan penelitian ilmiah dan pemahaman yang mendalam terhadap masalah tersebut.

Dengan pemahaman yang mendalam maka tercipta penerapan kebijakan tepat sasaran. Pemahaman terhadap masalah contohnya adalah menganalisa faktor-faktor yang menjadi penyebab kemiskinan.

Kemiskinan yang terjadi akibat kegagalan panen, tentu penanganannya akan berbeda dengan kemiskinan yang disebabkan oleh bencana alam.

Baca juga: Penerapan Ilmu Sosiologi dalam Kehidupan Sehari hari

 

Pemahan yang mendasar tersebut berguna agar strategi penanggulangan yang akan diterapkan bisa tepat sasaran.

Setelah melakukan penelitian dan pemahaman terhadap masalah, ilmu sosiologi selanjutnya mengkaji solusi-solusi atau kebijakan yang tepat untuk menanggulangi kemiskinan.

Apabila kemiskinan disebabkan oleh kegagalan panen, ilmu sosiologi akan merumuskan langkah-langkah strategis yang sesuai dengan faktor tersebut. Inilah salah satu bentuk penerapan ilmu sosiologi untuk mengatasi masalah sosial.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi