Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Negara Tertua Di Dunia

Baca di App
Lihat Foto
Facebook/ Egypt Ministry of Antiquities
Matahari terbenam di bahu kanan patung Sphinx di kawasan piramida Mesir. Fenomena astronomi khas ini terjadi di Mesir selama dua kali di Musim Semi pada Maret dan Musim Gugur pada September.
|
Editor: Serafica Gischa

KOMPAS.com - Tanda-tanda paling awal peradaban manusia baru-baru ini muncul dalam garis waktu manusia.

Beberapa peradaban paling awal berkembang sekitar 6500 Sebelum Masehi, ketika orang-orang berhenti melakukan nomaden dan mulai menetap serta mengembangkan satu daerah.

Dilansir dari situs Oldest, berawal dari hidup menetap maka muncullah kota-kota besar dan gagasan mengenai negara yang terpisah-pisah.

Beberapa negara paling awal terbentuk tidak lama setelah peradaban berkembang dan semua negara akhirnya terbentuk hingga sekarang. Berikut lima negara tertua di dunia, di antaranya:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mesir

Peradaban Mesir memang dapat ditelusuri hingga sekitar 6000 Sebelum Masehi, ketika berbagai kelompok pemburu berkumpul dan menetap di Lembah Sungai Nil.

Baca juga: 5 Fakta Unik Kapal Pinisi

Namun, dinasti pertama Mesir tercatat sekitar 3100 Sebelum Masehi dan diklarifikasi sebagai negara tertua di dunia.

Sekitar periode tersebut, antara hulu dan hilir Mesir disatukan oleh Raja Menes. Banyak sejarawan percaya bahwa pendiri Mesir adalah seorang penguasa bernama Narmer.

Raja Menes mampu membangun kendali kekuasaan sepanjang Sungai Nil, sehingga banyak kapal berlayar. Selain itu, dirinya juga membangun Ibu Kota di Memphis, sebuah kota dekat Kairo.

Dinasti pertama ini adalah yang pertama dari serangkaian dinasti yang akan memerintah Mesir selama tiga milenium berikutnya, sampai Alexander Agung berhasil menaklukkan pada 332 Sebelum Masehi.

Mesir modern pun didirikan pada tahun 1953 setelah adanya Revolusi Mesir pada 1952.

Baca juga: Raja Pertama di Dunia: Raja Sargon dari Akkad

Lihat Foto
Sisi lain tembok kuno Xian, Tiongkok. Tembok dibangun berdampingan dengan parit berukuran lebar.
China

Dikutip dari Thoughtco, dinasti Tiongkok pertama adalah Dinasti Xia yang berlangsung dari sekitar 2070 - 1600 Sebelum Masehi.
Tidak ada catatan tangan pertama dari Dinasti Xia karena sejarah tertulis Tiongkok berasal dari Dinasti Shang (1600-1046 Sebelum Masehi). Namun, Dinasti Xia disebut dalam kronik sejarah seperti the Classic of History, and the Records of the Grand Historian.

Hingga penggalian pada tahun 1960 dan 1970-an ditemukan situs-situs yang memberikan bukti kuat mengenai keberadaan Dinasti Xia. Meski sudah banyak ditemukan beberapa bukti, masih banyak orang percaya hal tersebut hanyalah mitos.

Periode dinasti Tiongkok berlangsung hinggan 1912 ketika Dinasti Qing berakhir dan republik dibentuk. Republik Rakyat Tiongkok didirikan pada tahun 1949 dan berlanjut hingga saat ini menjadi Tiongkok modern.

Baca juga: Kerajaan Pertama di Dunia

Lihat Foto
shutterstock.com
Taj Mahal India
India

Sejak sejutar 3300 Sebelum Masehi sudah banyak orang-orang yang tinggal di wilayah anak benua India, di mulai dari Peradaban Lembah Indus.

Awal mula India sebagai sebuah bangsa dengan Periode Weda yang berlangsung dari sekitar 1500-600 Sebelum Masehi. Periode tersebut dinamai berdasarkan teks-teks Weda.

Di mana secara lisan disusun dalam bahasa Sansekerta Weda dan memberikan rincian mengtenai budaya Veda.

Peradaban Weda meletakkan dasar agama Hindu (teks Weda masih sakral bagi umat Hindu modern) serta beberapa aspek budaya anak benua India masih ada hingga saat ini .

Kerajaan pertama terbentuk sekitar tahun 1200 Sebelum Masehi dan berlangsung sampai akhir periode Weda. Akhir periode Weda menyebabkan kebangkitan Hindu, Jainisme, dan Budha di India.

Kebangkitan tersebut sekaligus penanda dimulainya dinasti kuat yang akan memerintah India selama tiga milenium berikutnya.

India modern didirikan pada tahun 1947 setelah negara itu memperoleh kemerdekaanya dari Kerajaan Inggris.

Lihat Foto
SHUTTERSTOCK
Gereja batu Lalibela, Ethiopia, merupakan peninggalan kuno yang masih digunakan untuk ibadah sampai saat ini.
Ethiopia

Peradaban manusia di Ethiopia sudah ada selama jutaan tahun. Fragmen kerangka yang ditemukan adalah Australopithecus afarensis, makhluk mirip kera yang mungkin nenek moyang manusia modern.

Baca juga: 6 Kastil Tertua di Dunia

Kerangka yang ditemukan tersebut, diperkirakan berusia sekitar 3,4 juta hingga 2,9 juta tahun.

Ketika kehidupan berkembang pesat di Ethiopia, masyarakat mulai berkembang dan salah satu kerajaan pertama yang didirikan adalah D'mt atau dikenal Da'amot sekitar 980-400 Sebelum Masehi.

Orang-orang kerajaan tersebut kemudian mengembangkan sistem irigasi, menggunakan bajak, menanam millet (biji sereal atau gandum), dan membuat peralatan serta senjata dari besi.

Setelah jatuhnya Kerajaan D'mt, Kerajaan Aksumite naik ke tampuk kekuasaan sekitar tahun 100 Masehi dan berakhir sekitar tahun 940 Masehi.

Kerajaan Aksumite diikuti oleh Dinasti Zagmer dan Dinasti Solomon. Setelah itu Ethiopia terus diperintah oleh monarki hingga tahun 1974.

Ethiopia adalah satu-satunya negara Afrika yang tidak pernah dijajah Eropa, tetapi diduduki oleh orang Italia dari tahun 1936-1941.

Baca juga: 5 Sungai Terpanjang di Indonesia

Lihat Foto
PIXABAY
Ilustrasi Yunani.
Yunani

Periode Archaic Yunani adalah salah satu periode waktu yang paling menonjol di Yunani, karena meletakkan dasar untuk periode Klasik Yunani. Dikenal sebagai dasar dari peradaban barat modern.

Dalam sejarah, Periode Yunani muncul sekitar 800 Sebelum Masehi, setelah keluar dari abad kegelapan. Selama periode Archaic, Yunani membuat kemajuan dalam seni, puisi, dan teknologi.

Selain itu, yang lebih penting dari kemajuan yang ada di Yunani adalah adanya polis atau kota-negara. Polis akan terus mendefinisikan kehidupan politik Yunani selama ratusan tahun.

Selama periode tersebut, alfabet Yunani juga dikembangkan bersama dengan lembaga demokrasi. Yunani Kuno diikuti oleh Yunani Romawi, Yunani Bizantium, dan Yunani Ottoman, dengan periode Yunani modern dimulai pada tahun 1821 setelah Revolusi Yunani.

Baca juga: 5 Negara Terkecil di Dunia

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi