Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Norma Tata Cara: Definisi dan Contohnya

Baca di App
Lihat Foto
KOMPAS.com/Gischa Prameswari
Ilustrasi norma tata cara
|
Editor: Serafica Gischa

 

KOMPAS.com – Kehidupan manusia memang tidak bisa lepas dari berbagai aturan yang ada di masyarakat. Hal-hal sederhana seperti cara berbuat sesuatupun juga diatur di dalam masyarakat.

Tujuannya agar perbuatan setiap anggota masyarakat senantiasa sesuai dengan tata cara yang berlaku di dalam masyarakat. Aturan yang mengatur masalah ini adalah norma tata cara.

Dilansir dari buku Pengantar Ringkas Sosiologi: Pemahaman Fakta dan Gejala Permasalahan Sosial (2020) karya Elly M. Setiadi, norma tata cara adalah kebiasaan-kebiasaan yang berlaku sebagai produk dari hubungan antar individu di dalam masyarakat.

Norma tata cara atau disebut juga usage berhubungan dengan perilaku pribadi seorang individu dalam masyarakat.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baca juga: Norma Kesusilaan: Definisi dan Peran

Dalam buku Kamus Sosiologi (2012) karya Agung Tri Haryanta dan Eko Sujatmiko, dijelaskan bahwa norma tata cara memiliki daya ikat yang sangat lemah dibandingkan dengan norma-norma yang lain.

Hal ini disebabkan karena pelanggaran terhadap norma tata cara hanya menimbulkan sanksi berupa penilaian tidak pantas atau dianggap kurang sopan oleh anggota masyarakat lainnya.

Bisa diartikan bahwa sanksi yang diperoleh apabila melanggar norma ini tidak terlalu berat. Meskipun tidak terlalu berat, apabila seorang anggota masyarakat melakukan pelanggaran terhadap norma ini secara terus menerus.

Bisa saja masyarakat bakal mengasingkan atau mengucilkan orang tersebut karena dianggap memiliki perilaku yang buruk.

Baca juga: Norma Agama: Definisi dan Fungsi

 Contoh norma tata cara

Contoh sederhana norma tata cara adalah tata cara makan. Dalam kehidupan masyarakat, kebiasaan makan dilakukan dengan tata cara yaitu tidak boleh mengeluarkan bunyi atau suara-suara kecapan makan.

Apabila seorang anggota melakukan tindakan pelanggaran berupa mengeluarkan bunyi kecapan sewaktu makan, maka ia akan ditegur oleh pihak lain.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi