Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perbedaan Fotosintesis dan Respirasi

Baca di App
Lihat Foto
VectorMine
Sebuah ilustrasi perbedaan sederhana antara fotosintesis dan respirasi sel. Yang membedakan adalah siang dan malam, serta pertukaran gas yang terjadi pada nya.
|
Editor: Rigel Raimarda

KOMPAS.com - Respirasi tak hanya dilakukan oleh manusia dan hewan, namun juga tumbuhan. 

Apakah yang dimaksud dengan respirasi itu? Saat membaca tulisan ini kamu juga melakukan respirasi, iya sekarang. Kamu menghirup udara dan menghembuskannya, itulah respirasi.

Pengertian Respirasi Sel

Dilansir dari PEDIAA, respirasi sel atau pernafasan adalah proses yang mengubah bahan organic menjadi energi dan menghasilkan karbon dioksida serta air.

Respirasi adalah kebalikan dari proses fotosintesis sehingga persamaannya juga kebalikan dari persamaan fotosintesis:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baca juga: Rekayasa Fotosintesis Bikin Tumbuhan Lebih Subur dan Jumlah Panen Naik

KOMPAS.com/SILMI NURUL UTAMI Persamaan reaksi respirasi

Dari persamaan didapatkan bahwa respirasi menggunakan glukosa dari makanan dan oksigen dari pernafasan untuk menghasilkan energi.

Respirasi juga menghasilkan karbon dioksida dan air sebagai produk sampingan. Untuk membuktikannya bukalah mulutmu didepan kaca, lalu hembuskan nafas. Pada kaca akan terbentuk uap-uap air hasil respirasi seluler dalam tubuhmu.

Perbedaan Respirasi Sel dan Fotosintesis

KOMPAS.com/SILMI NURUL UTAMI Fotosintesis dan respirasi sel


Fotosintesis dilakukan oleh tumbuhan, alga, dan beberapa bakteri, sedangkan respirasi seluler dilakukan oleh semua makhluk hidup.

Fotosintesis mengkonversi energi cahaya menjadi energi potensial, sedangkan respirasi mengubah energi potensial menjadi energi kinetik.

Baca juga: Manfaat Proses Fotosintesis bagi Makhluk Hidup Lain

 

Fotosintesis berlangsung dalam kloroplas atau pigmen, sedangkan respirasi terjadi dalam mitokondria dan sitoplasma sel.

Jika fotointesis berlangsung secara anabolik yaitu mengubah energi menjadi makromolekul karbohidrat, maka respirasi berlangsung secara katabolik yaitu memecah makromolekul karbohidrat menjadi energi.

Fotosintesis mengambil karbon dioksida dan air lalu melepaskan oksigen, sedangkan respirasi mengambil oksigen lalu melepaskan karbon dioksida dan air.

Proses fotosintesis terdiri atas reaksi gelap dan reaksi terang, sedangkan proses respirasi sel terdiri atas glikolisis, dekarboksilasi oksidatif, siklus krebs, dan rantai transport elektron

Baca juga: Rekayasa Fotosintesis Bikin Tumbuhan Lebih Subur dan Jumlah Panen Naik

Fotosintesis dan respirasi berlangsung secara berkesinambungan. Kamu akan merasa sejuk dan segar jika berada di daerah dengan banyak pohon, karena pohon menghasilkan banyak oksigen yang dapat dihirup manusia.

Tumbuhan juga menggunakan karbondioksida hasil pernafasan manusia ataupun dari asap kendaraan bermotor untuk melakukan fotosintesis.

Inilah mengapa tumbuhan berperan penting dalam kehidupan. Jadi jangan lupa untuk menanam dan merawat tumbuhan di sekitarmu ya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Sumber: PEDIAA
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi