Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gen: Pengertian, Fungsi, dan Simbol-Simbolnya

Baca di App
Lihat Foto
britannica.com
Ilustrasi sejarah perkembangan genetika
|
Editor: Rigel Raimarda

KOMPAS.com - Pernahkan kamu mendengar istilah gen?. Seorang wanita asal yang berambut hitam menikah dengan seorang pria asal Inggris dan memiliki anak dengan rambut yang pirang dan mata hijau seperti Ayahnya.

Namun memiliki warna kulit kuning langsat dan badan yang kecil dari ibunya. Itulah yang disebut dengan pewarisan sifat oleh gen.

KOMPAS.com/SILMI NURUL UTAMI Kromosom, gen, dan DNA

Gen adalah materi genetik yang tersusun atas DNA yang berada pada kromosom. Dilansir dari National Human Genome Research Institute, gen adalah unit dasar pewarisan genetik yang diturunkan dari orang tua pada keturunannya.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Manusia memiliki 23 kromosom dengan 20.000 hingga 25.000 gen dalam kromosomnya.

Baca juga: Survei: Kata Generasi Milenial dan Gen Z Soal Holocaust

Fungsi Gen

Gen berfungsi menurunkan informasi genetik dengan pengkodean protein. Gen menentukan sifat fisik yang akan diturunkan oleh orang tua pada keturunannya.

Dilansir dari MedicineNet, karena menurunkan informasi genetik, gen juga dapat menurunkan penyakit yang biasa kita bilang sebagai “penyakit turunan” seperti diabetes, asma, kanker, dan down syndrome.

Simbol-Simbol Gen

Dilansir dari Encyclopaedia Britannica, prinsip dasar pewarisan sifat ditemukan oleh Gregor Johann Mendell yang merupakan seorang ahli botani dan guru pada tahun 1865. Mendel melakukan percobaan dan merangkum gen pada simbol-simbol agar lebih mudah dipelajari.

Pernahkah kamu melihat satu keluarga dengan beberapa anak, anak-anak tersebut memiliki wajah yang sangat mirip dengan ayahnya dan tidak ada anak yang mirip dengan ibunya. Hal ini dikarenakan gen ayahnya lebih dominan dibandingkan dengan gen ibunya.

Baca juga: Studi: Virus Mencuri Kode Genetis Manusia, Ciptakan Gen Campuran Baru

 

Gen Dominan disimbolkan oleh huruf capital seperti A atau W. gen dominan seperti namanya, bersifat dominan dan dapat menutupi ekspresi gen yang lain sehingga gen ini akan sering muncul pada keturunannya.

Gen Resesif disimbolkan oleh huruf kecil, misalnya a dan w. Gen resesif bersifat malu-malu sehingga sifatnya tidak langsung terekspresikan namun tertutupi oleh gen dominan. Walaupun tertutupi, gen resesif tetap memberikan efek yang terselubung.

Dilansir dari Biology Dictionary, ekspresi sifat gen resesif hanya akan terlihat pada keturunan yang memiliki dua gen resesif tersebut.

Gen Homozigot disimbolkan dengan dua huruf kapital, misalnya AA dan ww. Dilansir dari healthline.com, gen homozigot adalag gen yang mengandung dua identik sehingga menurunkan sifat yang identik pula.

Baca juga: Peneliti Temukan Gen di Otak yang Memengaruhi Libido Pria

Gen Homozigot dominan adalah gen yang mengandung dua gen dominan dan disimbolkan dengan dua huruf capital AA atau WW. Sedangkan gen homozigot resesif adalah gen yang mengandung dua gen resesif dan disimbolkan dengan dua huruf kecil seperti aa atau ww.

Gen Heterozigot disimbolkan dengan satu huruf capital dan satu huruf kecil, misalnya Aa dan Ww. Gen heterozigot adalah gen yang berisi dua gen berbeda, berisikan gen dominan dan gen resesif.

Genotipe adalah sifat keturunan yang tidak dapat terlihat dan berkaitan dengan gen. Simbol-simbol gen diatas seperti A, a, Aa, dan AA termasuk pada sifat genotipe.

Keturunan dilambangkan dengan huruf F, F1 berarti keturunan pertama atau anak, F2 berarti keturunan kedua atau cucu, dan F3 adalah keturunan selanjutnya. Hal ini disebut dengan fenotipe, yaitu hal yang dapat dilihat seperti bentuk dan warna.

Baca juga: Ahli Ungkap Virus Mencuri Kode Genetik Manusia untuk Ciptakan Gen Baru

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi