Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Contoh-contoh Karya Ilmiah

Baca di App
Lihat Foto
Shutterstock
Ilustrasi perpustakaan
|
Editor: Nibras Nada Nailufar

KOMPAS.com - Terdapat berbagai macam karya ilmiah. Mulai dari jurnal, skripsi, tesis, disertasi, laporan penelitan, atau karya ilmiah populer semacam makalah.

Menurut Munawar Syamsudin dalam buku Dasar-dasar dan Metode Penulisan Ilmiah (1994), tulisan ilmiah adalah naskah yang membahas suatu masalah tertentu, atas dasar konsepsi keilmuan tertentu, dengan memilih metode penyajian tertentu secara utuh, teratur dan konsisten.

Karya ilmiah terdahulu atau yang pernah dibuat dapat menjadi contoh, juga acuan bagi penulisan karya ilmiah oleh penulis lainnya.

Maka dari itu, penting untuk mengetahui berbagai contoh karya ilmiah di berbagai bidang. Berikut contoh-contoh karya ilmiah di berbagai bidang:

Contoh karya ilmiah tentang pendidikan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Salah satunya ditulis oleh Hafiar, H., Damayanti, T., Subekti, P. dan Fatma, D. dari Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran. Karya ilmiah tersebut berupa jurnal dengan judul , yang dimuat dalam Dharmakarya: Jurnal Aplikasi Ipteks untuk Masyarakat volume 4, nomor 2, pada November 2015.

Baca juga: Langkah-langkah Menulis Karya Ilmiah

Contoh karya ilmiah tentang kesehatan

Karya ilmiah dalam bidang ini salah satunya ditulis oleh Hema Nur Alifah Septiana dari Program Program Studi Ilmu Gizi, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Muhammadiyah Surakarta. Karya ilmiahnya berjudul Hubungan Pengetahuan tentang Hipertensi, Asupan Lemak dan Natriumdengan Status Gizi di Posyandu Lansia, Gonilan, Kartasura, Sukoharjo.

Contoh karya ilmiah tentang Covid-19

Karya ilmiah dapat berbentuk laporan seperti yang ditulis oleh Satuan Kerja Poltekkes Kemenkes Banjarmasin. Judulnya Laporan Upaya Pencegahan dan Pengendaliancovid-19 Poltekkes Kemenkes Banjarmasin

Contoh karya ilmiah tentang sampah plastik

Gilang Heru Kencan dari Politeknik Elektronika Negeri Surabaya menulis karya ilmiah berjudul Prototipe Pengolah Sampah Plastik Menjadi Filamen 3d Printer. 

Contoh karya ilmiah tentang ekonomi

Karya ilmiah tenang ekonomi salah satunya seperti skripsi yang ditulis oleh Lia Indirani dari Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Yogyakarta. Skripsi tersebut berjudul Pengaruh Pendapatan, Gaya Hidup, dan Jenis Kelamin Terhadap Tingkat Konsumsi Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta.

Contoh karya ilmiah tentang pendidikan singkat

Salah satunya adalah Publikasi Karya Ilmiah Peningkatan Keaktifan Belajar melalui Strategi Scramble pada Mata Pelajaran IPA Siswa Kelas IV SD Negeri Sambiduwur 2 Kecamatan Tanon, Kabupaten Sragen, Tahun Ajaran 2012/2013. Ditulis oleh Safitri Retno Setyowati dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta. 

Contoh karya ilmiah tentang bangga menjadi mahasiswa

Kerya ilmiah dengan tema di atas terdapat dalam Likhitaprajna, Jurnal Ilmiah, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Volume. 18, Nomor 2, Hal 20-25. Karya ilmiahnya berjudul Menumbuhkan Rasa Bangga Generasi Muda terhadap Bahasa Indonesia sebagai Bahasa Nasional dan Internasional. Ditulis oleh Endang Werdiningsih dari Universitas Wisnuwardhana Malang. 

Baca juga: Struktur Penulisan Karya Ilmiah

Contoh karya ilmiah tentang manajemen

Untuk membaca karya ilmiah dengan tema ini, dapat melihat contoh skripsi berikut. Skripsi tersebut berjudul Pembangunan Knowledge Management System pada CV Primaco yang ditulis oleh Hendri Desungku dari Program Studi Ganda Jurusan Manajemen dan Sistem Informasi, Binus University.

Contoh karya ilmiah tentang virus corona

Tema ini pernah ditulis oleh Nazwa Dwi Archika dari SMA Negeri 3 Medan. Karya ilmiahnya berjudul Makalah Coronavirus Disease 2019

Contoh karya ilmiah tentang sampah

Salah satu contoh karya ilmiah tentang sampah ditulis oleh Fitriza Yuliana dan Septu Haswindy dari Program Studi Ilmu Lingkungan Sekolah, Pascasarjana Universitas Diponegoro. Mereka menulis jurnal mengenai Partisipasi Masyarakat dalam Pengelolaan Sampah Pemukiman pada Kecamatan Tungkil Ilir, Kabupaten Tanjung Jabung Barat. Karya ilmiah tersebut diterbitkan di Jurnal Ilmu Lingkungan volume 15.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi