Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Manajemen Keuangan: Pengertian dan Fungsinya

Baca di App
Lihat Foto
Thinkstock
Ilustrasi manajemen keuangan
|
Editor: Serafica Gischa

KOMPAS.com – Tidak hanya terbatas pada bidang sumber daya manusia, ilmu manajemen juga bisa diterapkan di bidang lain, yaitu keuangan. Penerapan ilmu manajemen dalam bidang keuangan disebut dengan manajemen keuangan.

Dilansir dari buku Pengantar Manajemen (2012) karya Dian Wijayanto, manajemen keuangan adalah aplikasi prinsip umum manajerial pada area pengambilan keputusan keuangan.

Tidak bisa dipungkiri bahwa uang atau kapital merupakan aspek paling penting dalam sebuah organisasi atau perusahaan. Kekurangan uang membuat sebuah perusahaan kesulitan untuk mencapai tujuannya.

Oleh sebab itu, keberadaan manajemen keuangan atau departemen keuangan dalam sebuah perusahaan diperlukan agar uang bisa dikelola dengan benar sehingga tujuan perusahaan dapat dicapai.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Departemen keuangan dalam sebuah perusahaan dipimpin oleh manajer keuangan. Sementara itu, tujuan utama manajemen kuangan adalah memaksimalkan kekayaan. Memaksimalkan kekayaan berarti harus memperhatikan aspek waktu dan risiko bisnis.

Baca juga: Keuangan Negara: Definisi dan Mekanisme Pengelolaan

Fungsi manajemen kuangan

Dalam buku Pengantar Manajemen Keuangan (2009) karya Kasmir, dijelaskan bahwa fungsi manajemen kuangan adalah merencakan, mencari dan memanfaatkan dana untuk memaksimalkan nilai perusahaan.

Dari fungsi tersebut dapat dipahami bahwa aktivitas manajer kuangan selaku pemimpin departemen kuangan berhubungan dengan keputusan tentang piliihan sumber dan alokasi dana. Secara umum, aktivitas manajer keuangan dapat dikelompokkan sebagai berikut:

Seorang manajer keuangan harus mampu meramalkan kondisi yang akan terjadi di masa mendatang dan meramalkan dampaknya, baik dampak langsung maupun tidak langsung terhadap pencapaian tujuan perusahaan.

Setalah meramalkan, barulah manajer keuangan menyusun rencana-rencana yang akan dilakukan, khsususnya terkait keuangan perusahaan, seperti kebutuhan keuangan dan pengelolaan keuangan.

Seorang manajer kuangan harus mampu menghimpun dana yang dibutuhkan perusahaan, baik itu dana jangka pendek maupun jangka panjang.

Selain itu, manajer kuangan juga harus mampu menentukan pertumbuhan penjualan, alternatif objek yang akan dibiayai, serta menentukan bentuk investasi yang akan dilakukan.

Baca juga: Keuangan Daerah: Pengertian, Sumber, dan Prinsipnya

Kegiatan yang dilakukan perusahaan, bisa saja menyimpang dari hal yang sudah ditetapkan. Apabila penyimpangan tersebut terus dibiarkan, bisa-bisa perusahaan mengalami kerugian.

Oleh sebab itu, seorang manajer keuangan harus mampu melakukan tindakan pengendalian. Tanpa pengendalian, kemungkinan mengalami kegagalan dalam hal pencapaian tujuan perusahaan menjadi lebih besar.

Manajer keuangan dituntut untuk mampu berhubungan dengan pasar modal sehingga pencarian modal dari sumber ini bisa terpenuhi. Naik atau turunnya nilai saham perusahaan salah satunya dipengaruhi oleh aktivitas perusahaan di pasar modal.

Oleh karena itu, manajer keuangan harus terus memantau dan berhubungan dengan pasar modal agar nilai saham bisa dipertahankan. Selain itu, manajer kuangan juga diharapkan mampu meningkatkan nilai saham perusahaan agar tujuan perusahaan bisa tercapai.

Baca juga: Unsur-unsur Laporan Keuangan dan Lama Penyimpanan Dokumen Keuangan

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi