Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bidang-Bidang Manajemen Pemasaran

Baca di App
Lihat Foto
Shutterstock
Ilustrasi influencer
|
Editor: Serafica Gischa

KOMPAS.com – Ilmu manajemen seringkali diterapkan dalam pengelolaan perusahaan. Tidak hanya diterapkan secara menyuluruh, ilmu manajemen juga diterapkan dalam beberapa bidang yang ada di perusahaan.

Salah satu bidang yang ada dalam perusahaan adalah pemasaran. Penerapan ilmu manajemen dalam bidang pemasaran disebut sebagai manajemen pemasaran.

Dilansir dari buku Manajemen Pemasaran (2012) karya Hery, manajemen pemasaran adalah suatu seni dan ilmu dalam memilih pasar sasaran dan mendapatkan, menjaga, serta menumbuhkan pelanggan dengan menciptakan, menyerahkan, dan mengkomunikasikan nilai pelanggan yang unggul.

Dari definisi tersebut, dapat dipahami bahwa bagian terpenting dari manajemen pemasaran bukanlah penjualan. Justru penjualan hanyalah sebagian kecil dari proses manajemen pemasaran.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baca juga: Kepemimpinan: Definisi dan Konsepnya

Salah satu fungsi manajemen pemasaran adalah menganalisis pasar dan lingkungan pemasarannya. Analisis tersebut dilakukan untuk mengetahui seberapa besar peluang untuk merebut pasar dan seberapa besar ancaman yang harus dihadapi.

Penerapan ilmu manajemen pemasaran

Penerapan ilmu manajemen dalam bidang pemasaran mencakup hal-hal sebagai berikut:

Dilansir dari buku Manajemen Pemasaran (2020) karya Achmad Rizal, dijelaskan bahwa perencanaan pemasaran dibedakan menjadi dua, yaitu strategis dan taktis.

Perencanaan strategis mencakup penentuan pasar sasaran dan proposisi nilai yang akan ditawarkan. Sedangkan perencanaan taktis mencakup rencana penentuan taktik pasar, fitur produk, promosi, perdagangan, penetapan harga, dan penetapan saluran penjualan.

Pengorganisasian pemasaran dilakukan dengan menciptakan struktur pemasaran yang baik. Penciptaan struktur pemasaran harus didasarkan pada tujuan organisasi.

Baca juga: Manajemen Sumber Daya Manusia: Tujuan dan Fungsinya

Penggerakan pemasaran mencakup pemilihan sumber daya manusia yang akan melaksanakan tugas pemasaran. Seorang manajer pemasaran harus bisa menempatkan masing-masing pegawainya sesuai dengan keahlian yang dimiliki.

Pengawasan pemasaran artinya mengawasi seluruh kegiatan-kegiatan pemasaran. Pengawasan pemasaran pertama-tama dilakukan dengan mengukur hasil.

Kemudian dilanjutkan dengan mengevaluasi hasil dan yang terakhir adalah melakukan tindakan perbaikan apabila terjadi penyimpangan. 

Baca juga: Tujuan Manajemen

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi