Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siklus Sel: Fase Istirahat dan Mitosis

Baca di App
Lihat Foto
KOMPAS.com/RIGEL RAIMARDA
Sebuah proses mitosis dalam sebuah gambar mikroskopis
|
Editor: Rigel Raimarda

KOMPAS.com - Kamu pasti telah banyak mempelajari tentang kata siklus, dari mulai siklus air, siklus krebs, dan juga siklus metamorfosa beberapa hewan seperti katak dan kupu-kupu.

Kali ini kita akan membahas siklus sel pada makhluk hidup yang terjadi hampir setiap hari dalam tubuh kita.

Apakah itu siklus sel? Dilansir dari National Human Genome Research Institute, siklus sel adalah rangkaian kehidupan sel dari mulai ia tumbuh hingga membelah dan menghasilkan anak. Sevara garis besar siklus cell terbagi menjadi dua phase yaitu interfase dan metafase.

KOMPAS.com/SILMI NURUL UTAMI Siklus sel
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baca juga: Pembelahan Mitosis dan Tahapannya

Interfase

Interfase adalah tahapan dimana sel anakan baru hasil pembelahan atau mitosis mempersiapkan pembelahannya. Dilansir dari Encyclopaedia Britannica, interfase memutuskan apakah sel akan memasuki tahapan mitosis selanjutnya atau tidak.

Fase G-1 adalah fase pertama pertumbuhan primer sel dimana sel tumbuh secara fisik.Dilansir dari khanacademy.org, sel mensintesis organel, RNA, dan protein.

Fase G-1 disebut sebagai fase istirahat karena tidak terjadi sintesis DNA, hanya persiapannya seperti pembentukan enzim dan protein.

Pada fase ini juga DNA diperiksa oleh protein untuk memastikan tidak ada kerusakan sebelum DNA direplikasi. Dilansir dari Encyclopaedia Britannica, jika ada kerusakan, DNA yang rusak akan dipaksa mengalami kematian sel atau apoptosis.

Baca juga: Pembelahan Sel: Mitosis dan Meiosis

 

  • Fase S

Fase S disebut juga dengan fase sintesis karena pada fase inilah DNA dalam 23 pasang kromosom direplikasi. Pada fase S DNA disintesis dari salinannya secara lengkap dengan cara replikasi.

Dilansir dari Microbe Notes, fase ini berlangsung hanya sekitar 6 hingga 10 jam, dan menghasilkan dua DNA dalam setiap kromosom.

  • Fase G-2

KOMPAS.com/SILMI NURUL UTAMI Sel pada akhir fase G2

Fase G-2 atau fase pertumbuhan sekunder adalah fase setelah DNA disintesis. DNA yang disintesis diperiksa dalam fase ini untuk memastikan tidak ada kerusakaan setelah fase S.

Pada fase G-2 RNA dan protein yang dibutuhkan oleh sel kembali dibentuk seperti pada fase G-1. Fase G-2 adalah fase persiapan sel sebelum pembelahan sel berlangsung dimana sel harus mempersiapkan enzim dan protein yang dibutuhkan untuk pembelahan sel.

Baca juga: Alasan Sel Melakukan Pembelahan

Fase M

Fase M atau mitosis adalah fase pembelahan sel yang telah dibahas pada materi sebelumnya yaitu tahap-tahap mitosis. Pada mitosis, sel membelah menjadi dua anakan yang identik dengan induknya.

Setelah mitosis selesai, kedua sel anakan akan masuk kedalam fase pertumbuhan sekunder G-1 dan memulai ulang seluruh prosesnya. Inilah mengapa pertumbuhan sel disebut dengan siklus karena akan terus berulang sepanjang kehidupan organisme tersebut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi