Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aspek Kehidupan Peradaban Yunani Kuno

Baca di App
Lihat Foto
britannica.com
The Age of Pericles, cetakan berwarna yang menunjukkan Pericles menyampaikan pidato untuk menghormati orang Athena yang tewas dalam pertempuran pertama Perang Peloponnesia, setelah lukisan abad ke-19 oleh Philipp von Foltz.
Penulis: Gama Prabowo
|
Editor: Serafica Gischa

KOMPAS.com - Peradaban Yunani Kuno yang berlangsung selama lebih dari 2500 tahun dan memiliki capaian dalam banyak aspek kehidupan. Beberapa dari aspek kehidupan Yunani seperti pemikiran filsafat dan sistem pemerintahan masih diterapkan hingga masa sekarang.

Sistem pemerintahan peradaban Yunani Kuno adalah negara kota (city state) yang terdiri dari banyak polis (kota berdaulat). Dalam buku Sejarah Eropa : Dari Eropa Kuno hingga Eropa Modern (2012) karya Wahjudi Djaja,terdapat dua polis yang menjadi representasi polis-polis di Yunani Kuno, yaitu:

Polis Sparta menerapkan pemerintahan militeristik untuk mengantisipasi adanya pemberontakan dan serangan dari luar.

Polis Sparta dipimpin oleh dua orang raja sekaligus secara turun-temurun. Pelaksanaan pemerintahan dilakukan oleh sebuah dewan berisi lima orang yang bernama Ephor. Polis Sparta memiliki Dewan Rakyat yang berfungsi sebagai lembaga legislatif.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baca juga: Peradaban Yunani Kuno

Polis Athena menerapkan sistem demokrasi di mana kekuasaan tertinggi berada di tangan Dewan Rakyat. Pelaksanaan pemerintahan dilakukan oleh sembilan orang Archon yang berganti setiap tahun. Kinerja dari para Archon diawasi oleh Aeropagus (Mahkamah Agung).

Ekonomi

Secara umum kehidupan ekonomi Yunani Kuno bertumpu pada sektor perdagangan dan industri. Lokasi strategis Yunani yang berada di persimpangan Eropa Selatan dan Timur Tengah. Sektor pertanian hanya dilakukan di daerah yang subur, seperti Peloponesos.

Kesenian

Dalam bidang kesenian, Yunani Kuno mampu mengembangkan seni sastra, seni teater, seni patung, dan seni bangunan. Seni sastra Yunani Kuno pada umumnya bersumber pada kisah kepahlawanan. Contoh seni sastra masa Yunani Kuno adalah epos Iliad yang menceritakan perang Troya.

Seni patung dan bangunan pada masa Yunani kuno menghasilkan kuil dan patung pemujaan dewa yang terletak di kawasan perbukitan. Contoh seni patung dan bangunan Yunani Kuno adalah kuil Altis dan patung Zeus di Olimpia.

Baca juga: Revolusi China 1911-1912

Perkembangan seni teater Yunani Kuno mementaskan seni drama dan suara sebagai hiburan rakyat Yunani.

Filsafat dan Ilmu Pengetahuan

Dalam buku Alam Pikiran Yunani Kuno (1986) karya Muhammad Hatta, peradaban Yunani Kuno merupakan peletak dasar pemikiran modern saat ini.

Ahli-ahli ilmu filsafat, sosial, dan sains banyak lahir dari peradaban peradaban Yunani Kuno. Contoh ilmuwan dan pemikir masa Yunani Kuno adalah Aristoteles, Socrates, Herodotus, Plato, Phytagoras, Achimedes dan masih banyak yang lainnya. 

Sistem Religi

Peradaban Yunani Kuno menganut keperayaan Politheisme (banyak dewa). Dewa tertinggi dalam peradaban Yunani Kuno adalah Zeus (Penguasa Langit), Poseidon (Penguasa Laut) dan Hades (Penguasa Dunia Bawah).

Baca juga: Sejarah Peradaban India Kuno

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi