Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aplikasi Turunan: Nilai Maksimum dan Minimum pada Suatu Interval

Baca di App
Lihat Foto
KOMPAS.com/RIGEL RAIMARDA
Sebuah turunan selain dapat menentukan nilai maksimum dan minimum suatu fungsi, turunan juga dapat menentukan interval naik-turun nya suatu fungsi aljabar.
|
Editor: Rigel Raimarda

KOMPAS.com - Apakah kalian mengetahui bagaimana cara menentukan titik maksimum atau minumum suatu fungsi pada interval tertentu dengan menggunakan konsep turunan?

Dilansir dari Differential Equations (2010) oleh Vasishtha dan Sharma, persamaan turunan merupakan persamaan yang berisi variabel dependen dan independen serta turunan yang berbeda dari variabel dependen.

Menurut Differential Equations (2006) oleh Hari Kishan, solusi dari persamaan turunan adalah hubungan fungsional antara variabel yang terlibat, yang memenuhi persamaan tersebut.

Salah satu aplikasi dari konsep turunan adalah menentukan titik maksimum atau minimum suatu fungsi pada interval tertentu.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baca juga: Turunan: Konsep Tali Busur dan Garis Singgung

Pada dasarnya cara menentukan nilai maksimum dan minimum pada suatu fungsi dengan interval tertentu sama dengan cara untuk menentukan nilai maksimum dan minium pada fungsi yang tidak terdapat interval.

Tetapi hanya tinggal menambahkan nilai interval nya ke dalam fungsi untuk mengetahui nilai maksimum dan minimumnya.

Untuk lebih memahami pembahasan mengenai titik maksmimum dan titik minimum pada interval tertentu, mari kita kerjakan contoh soal di bawah.

Soal

KOMPAS.com/RISYA FAUZIYYAH Contoh soal nilai optimum pergerakan partikel

Baca juga: Turunan Sebagai Limit Fungsi

Titik stasioner fungsi di atas dapat ditentukan dengan mencari turunan dari fungsi f(t), sehingga ditulis sebagai berikut:

KOMPAS.com/RISYA FAUZIYYAH Pembahasan pada contoh soal nilai optimum pergerakan partikel

Karena daerah asal dinyatakan berada pada interval 0≤t≤6, dan absis t=2 dan t=4 yang telah diperoleh di atas berada dalam daerah asal, maka:
untuk t=0 maka f(0)=-16 dan untuk t=6 maka f(6)=20

Sehingga diperoleh nilai minimumnya adalah -16 atau berada pada (0, -16) dan nilai maksimumnya adalah 20 atau berada pada (6, 20).

Baca juga: Turunan Fungsi Aljabar

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi