Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sumeria: Peradaban Lembah Sungai Eufrat dan Tigris

Baca di App
Lihat Foto
britannica.com
Tablet paku Sumeria, mungkin dari Erech (Uruk), Mesopotamia tahun 3100?2900 Sebelum Masehi. Sekarang tersimpan di Museum Seni Metropolitan, Kota New York.
Penulis: Gama Prabowo
|
Editor: Serafica Gischa

KOMPAS.com - Bangsa Sumeria adalah bangsa tertua yang mendiami kawasan Mesopotamia (Asia Barat). Peradaban Sumeria mulai muncul sekitar 3000 Sebelum Masehi.

Pada awalnya, bangsa Sumeria hidup dengan berburu dan bercocok tanam dalam tingkat yang sederhana.

Setelah itu, peradaban mereka semakin berkembang hingga mampu mengendalikan banjir dengan cara membuat benteng tanah, terowongan, dan saluran untuk meluruskan aliran sungai.

Bangsa Sumeria mencapai puncak kejayaan ketika mereka mampu mendirikan kota-kota dengan pemerintahan seperti negara atau biasa disebut dengan Negara Kota (City State).

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pada masa ini, muncul kota Ur, Uruk dan Kish yang saling bersaing untuk memperebutkan kekuasaan tertinggi di Sumeria.

Baca juga: Peradaban Mohenjo-Daro dan Harappa

Sistem pemerintahan

Peradaban Sumeria menganut sistem pemerintahan Negara Kota. Pada sistem ini, kota-kota bangsa Sumeria memiliki kedaulatan untuk mengatur pemerintahannya sendiri seperti sebuah negara.

Raja berperan sebagai pemimpin pemerintahan sekaligus pemimpin agama. Ketika seorang raja meninggal, pasukan pengawal pribadi dan selir-selirnya ikut dibunuh dan dimakamkan disamping makam sang raja.

Kehidupan sosial ekonomi

Corak ekonomi utama dari peradaban Sumeria adalah pertanian dan perdagangan. Hasil pertanian dari Sumeria adalah gandum, sayur, anggur, zaitun, dan tanaman khas mesopotamia lainnya.

Kemajuan sektor pertanian Sumeria disebabkan oleh keadaan tanah sekitar Eufrat dan Tigris yang subur serta keahlian mereka dalam hal irigasi tanaman.

Sektor perdagangan bangsa Sumeria bertumpu pada komoditas kerajinan, perhiasan, tanaman pangan, dan daging hewan ternak.

Baca juga: Peradaban Romawi Kuno

Letak kota-kota Sumeria yang strategis menjadikan daerah tersebut menjadi pusat perdagangan antara bangsa Armenia (dari Utara), Arab (dari Selatan), India (dari Timur) dan Eropa (dari Barat).

Sistem kepercayaan

Dalam buku Sejarah Peradaban Dunia I (2017) karya Susmihara, bangsa Sumeria menganut sistem kepercayaan politeisme atau menyembah banyak dewa. Dewa-dewa utama dalam kepercayaan bangsa Sumeri adalah:

Bangsa Sumeria melakukan upacara keagamaan di kuil bernama Ziggurat. Kuil ini berbentuk piramid yang didirikan diatas kubus.

Perkembangan ilmu pengetahuan

Dalam buku The Sumerians : Their History, Culture and Character (1971) karya S N Kramer, bangsa Sumeria merupakan pelopor penggunaan tulisan pada masa awal peradaban manusia.

Bangsa Sumeria mampu membuat Tulisan Paku (cuneiform) yang terdiri dari 350 huruf untuk kepentingan komunikasi tertulis.

Baca juga: Peradaban Yunani Kuno

Dalam bidang matematika, bangsa Sumeria mampu mengembangkan sistem penomoran hingga 60 unit. Sistem penomoran ini merupakan dasar perhitungan matematika bagi peradaban-peradaban selanjutnya.

Peninggalan

Berikut peninggalan peradaban Sumeria, di antaranya:

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi