Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Contoh Teks Ceramah Singkat

Baca di App
Lihat Foto
KOMPAS.com/ARUM SUTRISNI PUTRI
Ilustrasi contoh teks ceramah singkat.
|
Editor: Arum Sutrisni Putri

KOMPAS.com - Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), ceramah merupakan pidato yang disampaikan seseorang di depan banyak orang mengenai pengertahuan atau informasi suatu hal. 

Ceramah umumnya memuat ajaran agama yang disampaikan penceramah. Struktur atau format bahasa pada teks ceramah menggunakan bahasa baku. 

Contoh teks ceramah

Berikut contoh teks ceramah dengan berbagai tema: 

Contoh teks ceramah singkat tentang toleransi

Selamat pagi kepada para hadirin yang hadir di sini. Pertama-tama, mari kita semua panjatkan rasa syukur kita kepada Yang Maha Kuasa yang telah memberikan berkah dan rahmatNya sehingga pada pagi yang cerah ini kita semua dapat berkumpul dalam keadaan yang sehat.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hadirin sekalian, apakah toleransi itu? Toleransi adalah kesediaan untuk menerima kepercayaan dan perilaku yang berbeda dari yang kita punya, yang mungkin tidak kita setujui atau benarkan.

Apakah itu penting? Ya. Kita butuh toleransi di dalam hidup kita agar kita hidup dengan damai. Sudah lama diketahui bahwa bumi ini ditinggali oleh orang-orang dengan ras, suku, dan agama yang berbagai macam.

Perbedaan-perbedaan inilah yang sering mengarahkan pada cekcok di antara orang-orang dalam masyarakat. Untuk menjaga harmoni dan kesatuan dalam masyarakat dibutuhkan rasa saling menghargai dari anggota masyarakat.

Untuk menegakkan rasa saling menghargai ini, mereka harus bertoleransi kepada sesama. Kita juga harus bertoleransi, karena kita juga merupakan anggota masyarakat.

Bapak dan Ibu sekalian, bayangkan jika kita hidup tanpa toleransi. Akan ada perang dan konflik di mana-mana. Akan mustahil bagi kita untuk tinggal berdampingan dengan mereka yang berbeda dari kita.

Sayangnya, masih ada orang-orang di luar sana yang merasakan teror ini. Ketakutan akan dikucilkan, diejek, dan ditertawakan hanya karena menjadi diri mereka sendiri dan hanya karena apa yang mereka yakini.

Orang-orang ini adalah kaum minoritas. Mereka juga manusia seperti kita. Mereka memiliki hak dan kewajiban yang sama seperti kita. Namun, mereka tidak bisa hidup dengan tenang seperti kita. Mengapa? Karena masih ada orang-orang yang tidak toleransi hidup di tengah-tengah kita yang selalu akan menggunakan alasan mayoritas untuk membenarkan perbuatan jahat mereka.

Hadirin sekalian, memang benar bahwa toleransi itu penting, tetapi kita harus bijak dalam bertoleransi. Maksudnya adalah kita harus menentukan prinsip kita sejauh mana kita mentolerir sesuatu, karena salah juga untuk mentolerir perbuatan dan kepercayaan yang dapat membahayakan dan dapat menciptakan efek negatif bagi kita dan masyarakat.

Kita harus tahu kapan untuk memberikan toleransi dan kapan tidak. Kita tidak dapat mentolerir segalanya. Toleransi, sama seperti hal-hal baik lainnya, tidak boleh digunakan terlalu berlebihan.

Seperti yang dikatakan oleh Karl Popper, “Toleransi yang tidak terbatas akan mengarahkan pada hilangnya toleransi.”

Baca juga: Pengertian Teks Ceramah

Contoh teks ceramah singkat tentang Covid-19

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakaatuh.

Hadirin yang saya hormati, alhamdulillah, puji syukur patut kita panjatkan karena sampai detik ini masih dikaruniai hidup dan kesehatan.

Bapak, ibu, dan saudara sekalian, sudah hampir setahun wabah Covid-19 melanda dunia. Tahun 2020 hampir berakhir, tetapi pandemi belum juga reda. Di tengah situasi ini, mari kita sama-sama kembali belajar untuk sabar.

Sabar itu penting. Terutama di masa-masa sekarang. Orang sudah banyak yang jenuh, akhirnya memilih liburan ke luar kota. Bosan makan di rumah, akhirnya ke rumah makan. Lelah pakai masker, akhirnya masker ditaruh di dagu.

Bapak, ibu, dan saudara sekalian, firman Allah SWT, dalam Q.S. Al Baqarah ayat 153 mengatakan, “Hai orang-orang yang beriman, jadikanlah shalat dan sabar sebagai pelindungmu, sesungguhnya Allah SWT senantiasa bersama orang-orang yang sabar.”

Melalui ayat itu, Allah meningatkan kita untuk sabar. Sabar dan menahan diri. Pelindung orang beriman adalah kesabaran. Liburan atau jalan-jalan bisa kita lakukan setelah pegebluk hilang. Kalau semua orang keluar rumah, main-man, tidak pakai masker dengan benar,virusnya malah tambah senang. Toh tempat wisata dan rumah makan akan tetap ada, meski didatangi bulan-bulan atau tahun depan. Kita harus sabar menunggu. Semoga vaksinnya segera ditemukan. Kunci dari semua ini adalah kesabaran.

Demikian sedikit yang dapat saya sampaikan pada ceramah sore ini. Mohon maaf bila ada salah kata atau ucapan yang kurang berkenan.

Wasalammu'alaikum, warahmatullahi wabarakaatuh.

Baca juga: Perbedaan Ceramah Umum dan Khusus

Teks ceramah tentang Keseimbangan Hidup

Bayangkan jika Anda memiliki lima balon udara, di mana masing-masing adalah keluarga, pekerjaam, kesehatan, teman, dan semangat. Bagaimana Anda akan menjaga semuanya?

Bayangkan jika pekerjaan adalah bola karetm yang akan memantul kembali ketika dijatuhkan. Tetapi empat bola lainnya (keluarga, kesehatan, teman, dan semangat) terbuat dari kaca.

Di mana, jika Anda menjatuhkan salah satunya, mereka akan lecet, dicabut, rusak, atau bahkan hancur tidak dapat ditarik kembali. Mereka tidak akan pernah sama.

Maka dari itu, Anda harus memahami itu dan berjuang untuk keseimbangan dalam hidup Anda.

Bagaimana caranya?

Jangan merusak nilai Anda dengan membandingkan diri Anda dengan orang lain. Karena kita berbeda maka kita masing-masing istimewa.

Jangan menetapkan tujuan Anda berdasarkan apa yang dianggap penting oleh orang lain. Hanya Anda yang tahu apa yang terbaik untuk Anda.

Jangan biarkan hidup Anda tergelincir dengan hidup di masa lalu atau masa depan. Dengan menjalani hidup Anda satu hari pada suatu waktu, Anda menjalani semua hari dalam hidup Anda.

Jangan menyerah saat Anda masih memiliki sesuatu untuk diberikan. Tidak ada yang benar-benar berakhir sampai Anda berhenti mencoba.

Jangan takut untuk mengakui bahwa Anda kurang dari sempurna. Benang rapuh inilah yang mengikat kita satu sama lain.

Jangan takut menghadapi risiko. Dengan mengambil kesempatan itulah kita belajar bagaimana mengatasi sebuah masalah.

Jangan menutup cinta dari hidup Anda dengan mengatakan tidak mungkin menemukan waktu. Cara tercepat untuk menerima cinta adalah memberi, cara tercepat untuk kehilangan cinta adalah dengan memegangnya terlalu erat dan cara terbaik untuk menjaga cinta adalah memberinya sayap!

Jangan lupa, kebutuhan emosional terbesar seseorang adalah merasa dihargai.

Jangan takut untuk belajar. Pengetahuan tidak berbobot dan menjadi salah satu harta yang selalu dapat Anda bawa dengan mudah.

Jangan gunakan waktu atau kata-kata sembarangan. Tidak ada yang bisa diambil. Hidup bukanlah perlombaan, tapi sebuah perjalanan untuk dinikmati di setiap langkahnya.

Baca juga: Struktur Teks Ceramah dan Kaidah Kebahasaan Teks Ceramah

Contoh teks ceramah tentang Keberanian

Ada ketakutan tentang masa depan dan semua perlu dibangun kembali. Memori yang menyakitkan, harapan terputus. Bagi mereka, bagi kita, saat itu adalah saat yang paling gelap.

Jangan takut, jangan menyerah pada ketakutan. Ini adalah pesan harapan. Ini ditujukan kepada kita, hari ini. Ini adalah kata-kata yang diulangi Tuhan kepada kita malam ini juga.

Karunia keberanian Tuhan hanya dapat diterima dengan menggulingkan batu yang paling kecil sekalipun yang mungkin telah kita tempatkan di hadapan hati kita. Cahaya Tuhan yang bangkit dengan demikian dapat menembus ketakutan kita yang terdalam. Sama seperti Yesus mendahului murid-murid-Nya ke Galilea, demikian pula Tuhan mendahului kita.

Jangan takut, jangan menyerah pada ketakutan. Ini adalah pesan harapan. Ini ditujukan kepada kita, hari ini.

Mari kita heningkan tangisan kematian, tidak ada lagi perang! Semoga kita menghentikan produksi dan perdagangan senjata karena kita membutuhkan roti, bukan senjata.

Semoga tindakan aborsi dan pembunuhan orang-orang tak berdosa segera berakhir. Semoga hati mereka yang cukup berada, terbuka untuk mengisi tangan-tangan kosong mereka yang tidak mampu memenuhi kebutuhan hidupnya.

Baca juga: Jenis-jenis Informasi dalam Teks Ceramah

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Sumber: KBBI
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi