Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perbedaan Teks Prosedur dan Teks Eksplanasi

Baca di App
Lihat Foto
KOMPAS.com/ARUM SUTRISNI PUTRI
Ilustrasi perbedaan teks prosedur dan teks eksplanasi.
|
Editor: Arum Sutrisni Putri

KOMPAS.com - Teks prosedur adalah karangan petunjuk teknis. Teks eksplanasi adalah karangan yang menceritakan terjadinya fenomena. Berikut ini perbedaan teks prosedur dan teks eksplanasi:

Menulis merupakan sarana menyampaikan gagasan, ide, pikiran, dan perasaan melalui tulisan.

Mengutip Keterampilan Menulis (2016) karya H Dalman, dalam kegiatan menulis terdapat suatu kegiatan merangkai, menyusun, melukiskan suatu lambang/tanda/tulisan berupa kumpulan huruf yang membentuk kata.

Terdapat berbagai jenis tulisan dan teks. Membedakan jenis-jenis teks penting agar kita dapat mengidentifikasikan tulisan yang kita baca.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baca juga: Teks Prosedur: Pengertian, Struktur, dan Ciri-cirinya

Teks prosedur adalah karangan petunjuk teknis. Tujuannya menjelaskan pada pembaca mengenai bagaimana menjalanan suatu hal dengan teknik yang disampaikan secara rinci.

Dalam Yuk, Ungkap Idemu Melalui Teks Persuasi hingga Teks Tanggapan (2019) karya Minarni Try Astuti, teks prosedur adalah teks yang berisi arahan atau langkah demi langkah yang memberikan instruksi untuk melakukan atau mengerjakan sesuatu.

Sedangkan teks eksplanasi adalah karangan yang menceritakan terjadinya fenomena. Tujuannya untuk menyampaikan kepada pembaca mengenai mengapa atau bagaimana sesuatu terjadi.

Pembaca memperoleh pemahaman mengenai latar belakang terjadinya fenomena secara jelas dan logis. Mengandung pernyataan yang memiliki hubungan sebab-akibat.

Teks eksplanasi juga dapat dikategorikan sebagai karangan deskripsi. Karangan deskripsi adalah karangan yang melukiskan atau menggambarkan suatu obyek atau peristiwa tertentu dengan kata-kata secara jelas dan terperinci.

Baca juga: Pengertian Teks Prosedur dan Contohnya

Bagian dalam teks prosedur dibentuk oleh tujuan, lagkah-langkah, dan penegasan kembali. Ketiga bagian tersebut disampaikan dengan efektif dan rinci.

Sedangkan bagian dalam teks eksplanasi terdiri atas:

  1. Identifikasi persoalan: menjelaskan atau menggambarkan secara detail sesuatu yang akan diterangkan. Sesuatu ini dapat berupa fenomena alam, budaya, sosial, dan lainnya.
  2. Rangkaian kejadian: merinci proses kejadian yang relevan dengan fenomena. Menerangkan mengapa dan bagaimana fenomena tersebut dapat terjadi, sehingga memunculkan pernyataan sebab-akibat.
  3. Ulasan: komentar atau penilaian tentang konsekuensi atas kejadian yang dipaparkan sebelumnya.

Baca juga: Pengertian Teks Eksplanasi dan Contohnya

Kaidah kebahasaan dalam teks prosedur menekankan pada teknis atau langkah-langkah. Sehingga lebih banyak menggunakan kata perintah (imperatif) dengan akhiran –kan, –i, dan partikel –lah.

Teks prosedur juga seringkali mengandung pernyataan persuasif. Berisi anjuran agar prosedur dilakukan dengan tepat dan benar. Teks prosedur juga dilengkapi dengan deskripsi alat secara terperinci seperti jumlah bahan, ukuan, warna, benda apa saja yang dipakai, dan sejenisnya.

Sebagai karangan nonfiksi, teks eksplanasi lebih banyak menggunakan kata denotatif. Denotatif berarti menggunakan bahasa dengan maksud sebenarnya, tanpa ada lapis makna.

Teks eksplanasi memakai kaidah kebahasaan dengan banyak konjungsi kasualitas (seperti sebab, karena, maka, sehingga) atau kronologis dengan keterangan waktu (seperti lalu, kemudian, setelah, akhirnya).

Perbedaan teks prosedur dan teks eksplanasi ditinjau dari pembahasannya:

Tema teks prosedur berkutat pada tiga macam, seperti kebiasaan hidup, aktivitas tertentu, dan penggunaan alat.

Sedangkan teks eksplanasi menceritakan prosedur atau terjadinya fenomena. Fenomena tersebut antara lain fenomena alam, sosial, budaya, dan sebagainya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi