Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Contoh Seni Rupa Murni

Baca di App
Lihat Foto
Dengan menggelar pameran seni lukis, mural, instalasi, dan poster bertajuk Karya Adalah Doa untuk Nusantara ?Senyawa Karya, Sewujud Doa, yang berlangsung di The Hall, Senayan City, sejak Rabu hingga Sabtu (27-30 Maret), para seniman dan relawan yang menamakan diri, Tim Demokreatif menawarkan cara berkampanye bagi Paslon 01 yang berbeda dari biasanya.
|
Editor: Ari Welianto

KOMPAS.com - Kehidupan manusia dikelilingi oleh benda-benda hasil karya seni dari yang sederhana hingga karya yang bernilai tinggi.

Keberadaan seni dalam hidup manusia diperlukan karena sebagai bentuk upaya cipta dari sisi perasaan seseorang.

Dikutip dari buku Seni Rupa Modern (2004) karya Dharsono Sony Kartika, bahwa seni merupakan usaha manusia untuk menciptakan bentuk-bentuk yang menyenangkan.

Bentuk yang menyenangkan dalam arti bentuk yang dapat membingkai perasaan keindahan. 

Perasaan keindahan tersebut dapat terpuaskan apabila dapat menangkap harmoni atau satu kesatuan dari bentuk yang disajikan.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seni rupa memiliki produk atau hasil karya yang terbagi sesuai dengan klasifikasi masing-masing.

Baca juga: Pengertian dan Fungsi Seni Rupa Murni

Kita tahu, produk seni murni yang sudah cukup dikenal yaitu berupa lukisan, pahatan, arsitektur, musik, dan puisi, serta tari dan teater.

Pada perkembangannya, sekarang bentuk karya seperti film, fotografi, seni konseptual, dan grafis juga termasuk dalam seni murni.

Dikutip dari jurnal dengan judul Perancangan Interior Pusat Seni Rupa Murni di Surabaya (2016) karya Tiffany Marissa, bahwa seni murni kemudian dalam perkembangannya dibagi beberapa jenis.

Berikut beberapa jenis seni murni: 

Visual art atau seni rupa sendiri terbagi menjadi tiga tipe berdasarkan media atau bentuknya yaitu dua dimensi (gambar, lukisan, fotografi, kaligrafi).

Baca juga: Pengertian dan Contoh Hasil Seni Kriya Gerabah

Kemudian ada dua dimensi (seni ukir dan seni pahat, dimana dapat menggunakan berbagai material mulai dari kayu, batu, kaca, clay, metal, ataupun plastik), dan seni elektronik (dapat berupa computer art, video abstrak, web art, fotografi, light display, kartun atau komik, film, dan digital video).

Bentuk auditory art adalah seni musik, seni suara, dan seni sastra seperti puisi dan pantun. Musik memiliki banyak aliran diantaranya blues, indie, klasik, rock, soul, gospel, jazz, dan country.

Performing art sebagai gabungan dari visual art dan auditory art merupakan bentuk seni.

Dimana seniman menggunakan suara mereka dan atau pergerakan tubuh mereka, seringkali dalam kaitannya dengan objek lain, untuk menyampaikan ekspresi artistik.

Seni pertunjukan meliputi berbagai disiplin ilmu tetapi semua performing art ditujukan untuk penampilan di depan audiens secara langsung. Performing art memiliki beberapa cabang yaitu seni tari, seni musik, seni drama dan teater.

Baca juga: Merancang dan Membuat Karya Seni Kriya Daerah Setempat

Teater menampung pertunjukan-pertunjukan seperti drama, opera, sulap, ilusi, seni sirkus, wayang, stand-up comedy dan pembacaan atau public speaking.

Tarian memiliki beberapa bentuk seperti balet, ballroom dancing, tap dancing, belly dancing, salsa, tango, flamenco, contemporary dancing, dan masih banyak lagi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi