Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Contoh Teks Ceramah Singkat tentang Kesehatan

Baca di App
Lihat Foto
KOMPAS.com/ARUM SUTRISNI PUTRI
Ilustrasi contoh teks ceramah singkat tentang kesehatan.
|
Editor: Arum Sutrisni Putri

KOMPAS.com - Ceramah diartikan ebagai penyampaian informasi kepada orang banyak yang bersifat satu ara, Ceramah biasanya disampaikan untuk memberikan petunjuk, pengertian, atau penjelasan mengenai suatu isu atau masalah yang sedang terjadi. 

Dalam buku Linguistik Terapan: Konsep Pembelajaran dan Penelitian Linguistik Mutakhir (2021) oleh Hasan Busri dan kawan-kawan, ceramah adalah suatu cara penyampaian keterangan, informasi, atau uraian tentang masalah secara lisan. 

Dengan kata lain, ceramah merupakan sebuah kegiatan komunikasi lisan. Ketika seseorang menguasai keterampilan berbicara dengan baik, maka dapat dikatakan seseorang tersebut memiliki cara komunikasi yang baik. 

Secara umum, ceramah, sambutan, dan khotbah adalah hal yang sama. Kegiatan tersebut sama-sama memaparkan, mnjelaskan pikiran atau informasi kepada pendengar yang bersifat persuasif. 

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dikutip dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, adapun tujuan adanya ceramah di antaranya persuasif dan informatif.

Baca juga: Pengertian Teks Ceramah

Persuasif artinta mengajak pendengar untuk mengikuti apa yang telah disampaikan oleh pembicara. Hal ini agar keyakinan pendengar semakin bertambah untukmelaukan sesuatu hal yang lebih baik lagi. 

Sedangkan bertujuan informatif yaitu untuk memberikan informasi kepada pendengar mengenai suatu hal sehingga pendengar mampu memahami isi informasi dengan jelas dan benar. 

Tema ceramah cukup beragam, terlebih informasi untuk mengajak sesorang melakukan hal-hal baik. Salah satu tema ceramah yang sering dibawakan mengenai kesehatan. Berikut beberapa contoh teks ceramah, yakni: 

Contoh teks ceramah 1

Pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur ke hadiran Tuhan Yang Maha Esa. Kita semua dapat berkumpul di kegiatan Posyandu ini dengan keadaan sehat. Ibu-ibu sekalian, pada kesempatan ini izinkan saya berceramah tentang kesehatan keluarga.

Ibu adalah kunci dari kesehatan keluarga. Makanan dan asupan gizi seluruh keluarga dibebankan di pundak ibu-ibu sekalian. Maka dari itu, penting untuk kita mengetahui makanan-makanan dengan gizi seimbang.

Makanan cepat saji memang menggiurkan karena praktis dan murah. Namun kita perlu melihat dampak berkelanjutan dari mengonsumsi makanan cepat saji. Akan lebih higienis dan sehat bila kita memasak sendiri di rumah.

Gunakan bahan makanan yang segar, bersih, dan hindari pengawet. Mungkin akan terasa lebih repot, namun manfaatnya dapat kita rasakan di kemudian hari.

Baca juga: Jenis-jenis Informasi dalam Teks Ceramah

Tidak perlu ibu-ibu melulu yang memasak. Ajarkan juga cara mengolah makanan yang baik dan benar pada bapak dan anak. Beri mereka kesempatan untuk membantu ibu di dapur.

Kemampuan mengolah makanan sehat adalah kemampuan bertahan hidup, bukan hanya tugas ibu rumah tangga. Keluarga yang baik adalah keluarga yang mampu bekerja sama. Saling topang menopang dalam urusan rumah tangga.

Kesehatan memang tidak didapat secara instan. Tidak ada kesehatan yang siap saji. Maka, mari jaga kesehatan sejak dini. Selagi keluarga masih sehat, atur konsumsi keluarga dengan gizi seimbang.

Begitu saja yang ingin saya sampaikan. Saya harap Posyandu di wilayah kita dapat menjadi contoh untuk desa-desa lain. Semoga ceramah yang saya sampaikan dapat bermanfaat untuk ibu-ibu semua. Terima kasih dan selamat siang.

Contoh teks ceramah 2

Selamat siang para hadirin sekalian. Saya harap kita semua dalam keadaan sehat dan bahagia. Di hari yang cerah ini, saya hendak menyampaikan sepatah dua patah kata mengenai kebiasaan makan dan kesehatan.

Sejak sekolah dasar kita diajarkan mengenai empat sehat lima sempurna. Kita tahu mengenai pangan sehat dan kebiasaan makan yang baik. Namun mengapa semakin ke sini semakin sulit tantangan kita untuk memiliki kebiasaan makan yang sehat. Kini kita disodori berbagai jenis makanan siap saji, kadar gula tinggi, atau makanan yang tampaknya enak namun tidak bergizi.

Baca juga: Struktur Teks Ceramah dan Kaidah Kebahasaan Teks Ceramah

Kesehatan utamanya dibangun melalui makanan. Apa yang kita konsumsi akan berpengaruh pada tubuh kita, baik langsung maupun tidak langsung. Daripada mengobati penyakit, lebih baik kita mengatur kebiasaan makan kita sehari-hari.

Jangan konsumsi karbohidrat dan gula berlebih. Konsumsi garam secukupnya. Perbanyak makan buah dan sayur. Imbangi dengan protein dari susu dan daging. Mari jaga kesehatan tubuh dari makanan. Lebih baik mencegah daripada mengobati.

Sekian yang dapat saya sampaikan. Semoga hadirin sekalian selalu sehat. Akhir kata, terima kasih dan sampai jumpa pada pertemuan selajutnya.

Contoh 3 teks ceramah

Salam hangat untuk hadirin sekalian. Terima kasih untuk waktu dan tempat yang diberikan kepada saya. Pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur ke hadirat Tuhan, karena rahmatNya kita semua bisa berjumpa kembali.

Pada kesempatan ini saya ingin menyampaikan beberapa hal mengenai air putih. Tampaknya sepele memang, tetapi air putih sangat penting dan dibutuhkan tubuh. Selain menghilangkan rasa dahaga, air putih dapat memperlancar metabolisme dalam tubuh. Ia juga dapat menetralkan zat-zat yang kurang menguntungkan bagi tubuh.

Institute of Medicine's Food and Nutrition Board menganjurkan konsumsi air putih idealnya sebanyak 2,7 liter per hari bagi perempuan. Sementara, 3,7 liter air putih per hari bagi laki-laki.

Berbagai penyakit akan mudah menghampiri tubuh bila kita kekurangan air putih. Maka, jangan lupa untuk penuhi kebutuhan air putih harian kita. Jangan sampai dehidrasi dan kekurangan cairan. Ayo jaga kesehatan dengan mengonsumsi air putih secara teratur.

Hidup sehat membuat kita lebih bahagia. Ayo jaga kesehatan. Sekian dari saya. Akhir kata, salam sejahtera.

Baca juga: Perbedaan Ceramah Umum dan Khusus

Contoh 4 teks ceramah

Selamat pagi. Apakah bapak, ibu, saudara sekalian masih tetap berolahraga di masa pandemi? Saya harap iya. Dalam kesempatan ceramah pada pagi hari ini, saya ingin membahas mengenai olahraga dan menjaga kesehatan selama karantina.

Sebelumnya, terima kasih sudah memberi saya kepercayaan untuk berceramah. Pada kesempatan ini saya ingin mengingatkan kembali untuk kita sama-sama rajin berolahraga.

Olahraga yang dilakukan tidak perlu sampai keluar rumah. Lakukan latihan-latihan sederhana di rumah, tetapi lakukan secara rutin.

Menjaga kebugaran selama pandemi sangat penting. Olahraga dan kebiasaan hidup sehat dapat membangun imunitas yang kuat. Imun yang kuat membantu kita melawan virus. Maka marilah kita olahraga di rumah.

Jangan sampai karantina malah membuat tubuh kita jadi tidak sehat. Kerja dan beraktivitas di rumah memang membosankan. Berolahraga bisa menjadi selingan kegiatan di kala jenuh dengan pekerjaan.

Begitu saja yang bisa saya sampaikan. Kiranya ajakan saya untuk terus berolahraga dapat diterapkan oleh bapak, ibu dan saudara sekalian. Sampai jumpa dan salam sehat.

Baca juga: Contoh Teks Ceramah Singkat

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi