Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kombinasi Teknik Menggiring dan Menembak Bola dalam Permainan Basket

Baca di App
Lihat Foto
Srikandi Cup
Kembali menang, Tanago Friesian Jakarta menjadi pemuncak klasemen sementara putaran pertama liga bola basket putri Indonesia, Srikandi Cup 2018-2019. Skor 79:50 versus Flying Wheel Makassar
|
Editor: Ari Welianto

KOMPAS.com - Teknik dasar dalam permainan basket sangat penting untuk dipelajari agar bisa meraih tujuan utama dari permainan basket.

Olaharaga bola basket bertujuan untuk mencetak poin serta memenangkan pertandingan. Maka semua pemain basket harus berlatih dan menguasai keterampilan teknik dasar.

Menggiring dan menembak bola ke ring basket merupakan dua teknik dasar dalam permainan basket.

Tidak hanya menggiring atau melempar bola, pemain basket juga harus mengkombinasikan berbagai teknik dasar tersebut agar menjadi sebuah gerakan yang utuh.

Salah satu contoh gerakan kombinasi dalam permainan basket adalah kombinasi teknik menggiring serta menembak bola ke dalam ring basket.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baca juga: Kombinasi Teknik Menggiring dan Melempar dalam Permainan Basket

Gerakan kombinasi ini bisa dilakukan ketika seorang pemain jaraknya tidak cukup jauh dengan ring basket sehingga memungkinkan untuk menggiring serta menembak bola ke dalam ring basket.

Gerakan kombinasi ini juga bisa dilakukan ketika posisi pemain yang membawa bola paling dekat dengan ring basket dan tidak ada pemain kawan yang berada di dekat ring basket.

Secara garis besar, teknik menggiring bola basket dilakukan dengan memantulkan bola ke lantai sambil berlari atau berjalan dan berpindah posisi.

Sedangkan teknik menembak bola ke dalam ring basket dilakukan untuk mencetak poin. Tentunya posisi tubuh dalam melakukan teknik ini juga sangat berpengaruh.

Lantas, bagaimana cara melakukan gerak kombinasi teknik menggiring serta menembak bola ke dalam ring dalam permainan basket?

Baca juga: Kombinasi Teknik Melempar dan Menangkap dalam Permainan Basket

Berikut langkah-langkah singkat untuk melakukan gerak kombinasi teknik menggiring dan menembak bola ke dalam ring yang mengutip dari situs Breakthrough Basketball: 

  1. Seorang pemain berposisi cukup jauh dengan ring basket dan mulai menggiring bola. 
  2. Disarankan ketika melakukan latihan sebaiknya ada beberapa orang yang berusaha untuk merebut bola. Hal ini melatih strategi pemain untuk melindungi bola dari rebutan tim lawan.
  3. Setelah berhasil melewati rebutan bola dari pemain lawan, usahakan untuk menembak bola ke ring basket tim lawan.
  4. Lakukan latihan ini secara berulang dan rutin.

Baca juga: Variasi Menangkap dalam Permainan Bola Basket

Kemampuan menggiring bola sangat berpengaruh pada saat menembakkan bola ke dalam ring basket.

Maka dari itu kuasailah teknik menggiring bola terlebih dahulu sebelum menembak bola ke dalam ring.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi