Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penyebab Mutasi Gen

Baca di App
Lihat Foto
Ilustrasi mutasi gen
|
Editor: Rigel Raimarda

KOMPAS.com - Ada berbagai macam mutasi pada materi genetik. Namun apakah yang menyebabkan mutasi terjadi pada gen?

Tentu saja bukan karena digigit serangga mutan seperti Spiderman. Untuk mengetahui penyebab mutasi pada gen, simaklah materi berikut ini!

Kesalahan dalam Replikasi DNA

KOMPAS.com/SILMI NURUL UTAMI Kesalahan replikasi DNA

Dilansir dari Understanding Evolution, salah satu penyebab mutasi adalah kesalahan dalam replikasi DNA. Pada gambar terlihat bahwa salah satu basa nitrogen hasil replikasi berbeda dengan DNA asalnya, hal ini terjadi secara tiba-tiba.

Jika kesalahan dalam replikasi DNA adalah mutasi yang disebabkan secara alami dan tiba-tiba, mutasi juga dapat dipicu dari luar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baca juga: Gen Misterius Ditemukan Tersembunyi dalam Virus Corona Covid-19

Mutasi buatan dapat diinduksi oleh adanya bahan pemicu mutasi atau mutagen. Mutagen yang digunakan dapat berupa mutagen kimia, mutagen fisika, dan mutagen biologi.

Mutagen Kimia

Dilansir dari National Center for Biotechnology Information (NCBI), mutagen kimia digunakan untuk meningkatkan frekuensi mutasi pada suatu organisme. Mutagen kimia mengganggu kerja dari DNA polimerase saat replikasi DNA menyebabkan mutasi pada tingkat gen.

Mutagen kimia dapat menyebabkan mutasi karena strukturnya yang mirip dengan basa nitrogen sehingga dapat mengganti pasangan nukleotida. Contoh dari mutagen kimia adalah asam nitrit, asam nitrat, dan etil metana sulfat.

Lihat Foto
KOMPAS.com/RIGEL RAIMARDA
Ilustrasi sebuah kode genetik DNA.
Mutagen Fisika

Mutagen fisika adalah mutasi yang disebabkan pemicu fisik seperti memberikan organisme berbagaimacam radiasi. Mutagen fisika dibedakan menjadi radiasi pengion dan radiasi non-pengion.

Baca juga: Daftar dan Profil Penerima Nobel Sastra, Fisika, Kimia, dan Kedokteran 2020

Dilansir dari Lumen Learning, radiasi pengion dapat memutuskan rantai DNA karena terjadi pembentukan radikal hidroksil. Radiasi pengion dilakukan dengan pemaparan sinar X, alfa, beta, gamma, ataupun radiasi kosmik.

KOMPAS.com/SILMI NURUL UTAMI Metagen fisika

Radiasi non-pengion seperti sinar UV dapat menyebabkan pembentukan timin ganda pada rantai DNA. Terlihat pada gambar, kedua timin tersebut saling berikatan kovalen dan menghentikan produksi DNA karena replikasinya tidak benar.

Mutagen Biologi

Bakteri, virus, dan transposon adalah mutagen biologi yang dapat menyebabkan mutasi. Kamu pasti sudah sering mendengar tentang virus dan abketri, namun apakah itu transposon?

Dilansir dari geneticeducation, transposon adalah DNA tanpa kode. Transposon dapat berpindah dari satu tempat ke tempat lain meyebabkan mutasi dan emengaruhi fungsi gen.

Baca juga: Super Langka, Ahli Biologi Temukan Burung Berkelamin Ganda

Tahukah kamu penyakit AIDS disebabkan oleh virus HIV? Virus HIV membuat orang yang dijangkitinya mengalami mutasi menyebabkan hancurnya sel darah putih. HIV adalah penyakit yang sangat berbahaya karena menurunkan sistem imun penderitanya.

 
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi