Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Soal UAS Biologi: Obyek dan Persoalan Biologi

Baca di App
Lihat Foto
AP/Karla Salp
Lebah Raksasa Asia atau Lebah Pembunuh yang mengenakan alat pelacak ditunjukkan pada Kamis, 22 Oktober 2020 di dekat Blaine, Washington, Amerika Serikat.
|
Editor: Rigel Raimarda

KOMPAS.com - Untuk mempersiapkan Ujian Akhir Sekolah dibutuhkan latihan soal yang tekun. Berikut Soal UAS obyek dan persoalan biologi serta pembahasannya:

1. Apakah yang dimaksud dengan obyek dan permasalahan biologi?

Jawaban:

Obyek biologi adalah segala sesuatu yang hidup seperti manusia, hewan, tumbuhan, dan mikroorganisme. Sedangkan permasalahan biologi adalah yang terjadi pada obyek biologi.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dilansir dari Live Science, contoh permasalah biologi adalah bagaimana makhluk tersebut berinteraksi, bergerak,dan makan, bagaimana lingkungan memengaruhi makhluk hidup, dan bagaimana makhluk hidup dimanfaatkan dalam kehidupan manusia.

2. Jelaskan tingkat organisasi kehidupan di muka Bumi?

Jawaban:

Dilansir dari Biology LibreTexts, tingkat organisasi kehidupan dalam biologi dari yang paling kecil dimulai dari organel, sel, jaringan, organ, fungsi organ, organisme, populasi, komunitas, ekosistem, bioma, dan yang terakhir adalah biosfer.

Baca juga: Manfaat Mempelajari Biologi

3. Kumpulan jaringan-jaringan berbeda yang menjalankan fungsi tertentu akan membentuk…

a. Organ
b. Individu
c. Organisme
d. Jaringan sel
e. Fungsi organ

Jawaban: A

Jaringan jaringan yang berbeda namun menjalankan fungsi tertentu akan membentuk organ. Organ dengan fungsi yang berbeda-beda namun memiliki tujuan tertentu akan membentuk fungsi organ. Beberapa fungsi organ akan membentuk organisme atau individu yang hidup.

Baca juga: Super Langka, Ahli Biologi Temukan Burung Berkelamin Ganda

 

4. Sekelompok belalang, burung, kodok dan ular yang berkumpul dalam sekelompok tanaman padi di tanah yang basah membentuk tingkat organisasi…

a. Bioma
b. Biosfer
c. Populasi
d. Ekosistem
e. Komunitas

Jawaban: D

Dilansir dari Encyclopaedia Britannica, ekosistem adalah kompleks organisme hidup yang terdiri atas makhluk hidup yang berbeda dan lingkungan fisik yang terkait satu sama lain.

Soal diatas menunjukkan ekosistem sawah, di mana belalang, burung, kodok dan ular hidup di sawah pertanian padi.

5. Sebutkan dan jelaskan macam-macam ekosistem yang terdapat di Bumi!

Jawaban:

Dilansir dari sciencing.com, ada lima macam ekosistem utama di Bumi yaitu hutan, padang rumput, gurun, tundra, air tawar, dan air laut. Ekosistem hutan terdiri dari ekosistem tropis seperti hutan hujan, dan ekosistem boreal atau iklim sedang seperti ekosistem taiga.

 

Ekosistem padang rumput terdiri dari ekosistem sabana dan stepa. Ekositem sabana adalah padang rumput berpohon, sedangkan stepa adalah padang rumput tanpa pohon.

Baca juga: Bahaya Biologi dan Bioetika

Ekosistem gurun adalah lekosistem yang memiliki curah hujan rendah, beragin, bersuhu panas, berpasir ataupun berbatu. Dalam ekosistem gurun hanya sedikit terdapat makhluk hidup seperti kaktus, unta, kadal, ular, unta, dan beberapa jenis serangga.

Ekosistem tundra adalah ekosistem yang sangat dingin dan membeku seperti kutub dan dataran tinggi bersalju.

Ekosistem air tawar adalah ekosistem yang airnya bersifat tawar seperti sungai, danau, kolam, telaga, rawa, dan mata air. Ekosistem air tawar biasanya memiliki banyak sekali makhluk hidup.

Ekosistem laut adalah ekosistem yang paling luas dipermukaan bumi seperti zona pasang surut, muara, rawa air asin, hutan bakau, dan juga terumbu karang. Ekosistem laut paling melimpah karena 96,5 persen kebradaannya dari keseluruhan air bumi.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Baca tentang
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi