Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Unsur dan Jenis Seni Liping

Baca di App
Lihat Foto
Kemdikbud
Diorama adegan latihan militer bagi pemuda pada masa pendudukan Jepang di Lapangan Bumijo, Jl. Tentara Pelajar (Depan Gedung SMU 17 I) pada Tahun 1942-1945. Diorama tersebut merupakan koleksi dari Museum Vredeburg Yogyakarta.
|
Editor: Ari Welianto

KOMPAS.com - Seni liping atau dikenal seni diorama merupakan seni yang memiliki nilai tinggi.

Karena seni liping merupakan gambaran seni diorama yang menceritakan tentang kehidupan. Seni liping sudah berkembang diseluruh dunia, termasuk di Indonesia. 

Dikutip dari buku The Art Of Diorama (1988) karya Ray Anderson, sebuah kotak diorama adalah paket lengkap yang menggabungkan patung, mewarnai, seni keterampilan, dan bahkan pencahayaan dalam unit itu sendiri.

Oleh karena itu, karya seni diorama mengandung beberapa unsur pembangun.

Baca juga: Seni Liping: Pengertian, Alat dan Bahan Pembuatannya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berikut unsur-unsur seni diorama: 

Dikutip dari buku Diksi Rupa Kumpulan Istilah dan Gerakan Seni Rupa (2012) karya Mikke Susanto, patung atau seni patung adalah sebuah tipe karya tiga dimensi yang bentuknya dibuat dengan metode subtraktif (mengurangi bahan seperti memotong, menatah dan lain-lain) atau aditif (membuat modeling terlebih dahulu, seperti mengecor dan mencetak).

Dalam hal tersebut adalah patung yang lebih dikhususkan sebagai figur tokoh yang melakukan adegan dalam diorama dengan setting cerita yang ditampilkan.

Apa yang dimaksudkan dengan mewarnai adalah bagaimana seseorang bisa mewarnai figur, latar dan tambahan gambar dengan menggunakan beberapa teknik mewarna. 

Ini dilakukan agar hasil diorama yang dibuat bisa terlihat alami dan mirip dengan aslinya, serta bisa juga untuk menambah kesan realistik dan dramatis.

Baca juga: Apresiasi Terhadap Keunikan Gagasan Karya Seni Rupa Terapan Nusantara

Seni kerajinan adalah bagaimana membuat latar (ground) keadaan seperti membuat pohon, tebing, bebatuan, lautan dan lainnya dan beberapa benda miniatur pelengkap lain yang ada pada saat adegan itu berlangsung, teknik yang digunakan bisa dengan teknik konstruksi, modeling atau penggabungan antara teknik satu dengan yang lainnya.

Pencahayaan dapat ditambahkan sebagai pelengkap diorama agar dapat menampilkan arah cahaya dan juga dapat menambah kesan tinggi rendahnya sebuah latar yang dibuat. 

Bisa juga menambah kesan dramatisasi dalam cerita yang ditampilkan dan untuk menunjukkan sebuah waktu yang dialami saat kejadian tersebut.

Jenis seni diorama

Dikutip dari jurnal Alat Peraga Diorama (2016) karya Filla Dlia'a Umaroh, ada tiga jenis seni diorama yaitu:

Baca juga: Aliran Seni Rupa Pop Art: Pengertian dan Sejarahnya

Diorama tertutup adalah diorama yang dibatasi oleh alas atau dasar dengan dinding samping kanan, belakang dan dinding samping kiri.

Sedangkan bagian depannya dibatasi dengan kaca transparan atau bening. Sehingga jenis diorama ini hanya bisa dilihat dari sisi depannya saja.

Biasanya model diorama tertutup digunakan di museum-museum, seperti Monas Jakarta, Monumen Yogyakarta Kembali, atau Museum Satwa di Batu.

Dalam bentuk sederhana yang digunakan untuk tingkat sekolah dasar dapat dibentuk model pemandangan sawah dengan latar belakang gunung dan awan yang ditata di bidang dasar serta dibatasi dinding di samping kanan, kiri dan belakang.

  • Diorama Lipat

Diorama lipat terbuat dari lembaran kertas yang dapat membentuk tiga dinding yang menyatu atau suatu sudut ruangan.

Dimana antara dinding atau ruangan samping kanan dengan samping kiri bisa dilipat (dibuka dan atau ditutup) sesuai dengan penggunaannya.

Baca juga: Sejarah sebagai Seni 

Jenis tersebut adalah model diorama yang paling praktis karena berbentuk lipatan sehingga bisa dibawa dan disimpan dengan mudah.

Disamping itu, diorama tersebut sangat sulit dan memerlukan kesabaran dalam membuatnya karena harus tepat ketika melekatkan pola di kertas dinding.

  • Diorama Terbuka

Diorama yang tidak dilengkapi oleh dinding batas pandangan seperti halnya kedua jenis sebelumnya.

Diorama jenis ini karakteristiknya hampir sama dengan maket yaitu penggambaran suatu obyek di atas bidang datar.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi