Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peralatan dan Perlengkapan dalam Permainan Kasti

Baca di App
Lihat Foto
Topi baseball off-white
|
Editor: Ari Welianto

KOMPAS.com - Permainan baseball atau kasti sangat membutuhkan kerja sama antar anggota dalam satu regu. Permainan kasti juga membutuhkan kekompakan dalam satu regu.

Dua hal tersebut bisa dilatih melalui proses pelatihan yang cukup panjang. Pemain baseball juga harus menguasai berbagai teknik dasar dalam permainan ini.

Teknik dasar dalam permainan kasti tidak hanya berbicara soal kelihaian dalam menggerakkan tangan dan kaki saja, namun juga tentang kepandaian dalam menggerakkan peralatan atau alat dalam permainan ini.

Permainan baseball atau kasti memiliki beberapa peralatan yang dibutuhkan. Tidak hanya pada saat latihan, namun juga saat pertandingan.

Apa sajakah peralatan dan perlengkapan yang dibutuhkan dalam permainan kasti?

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baca juga: Jenis Pemain dalam Permainan Baseball

Berikut penjelasannya yang mengutip dari situs Tutorials Point:

Seorang batter atau pemukul dalam permainan baseball wajib mengenakan helm, agar bisa melindungi kepala serta telinga dari lemparan atau pukulan bola.

Pada beberapa batter, mereka hanya mengenakan helm yang melindungi salah satu sisi telinga saja. Hal ini dikarenakan telinga yang menghadap ke pitcher lebih berisiko untuk terkena lemparan atau pukulan bola.

Walau begitu tetap disarankan untuk mengenakan helm yang bisa melindungi kedua sisi telinga, agar lebih aman.

Seluruh pemain kasti wajib mengenakan topi baseball, agar terlindungi dari sinar matahari. Hal ini juga melindungi agar pandangan pemain tidak silau.

Sama seperti seorang batter yang berisiko terkena lemparan atau pukulan bola, seorang catcher juga sangat berisiko.

Baca juga: Istilah Penting dalam Permainan Baseball

Maka dari itu seorang catcher juga harus mengenakan helm. Umumnya helm yang digunakan mirip dengan helm yang digunakan penjaga gawang permainan hoki.

Dalam pertandingan baseball, kedua regu harus mengenakan seragam. Tentunya tiap regu memiliki desain dan motifnya tersendiri.

Untuk batter dan baserunner, disarankan untuk menggunakan celana pendek yang nyaman dan lunak untuk melindungi diri dari cedera atau luka.

Saat akan mencapai base berikutnya, batter dan baserunner harus meluncur atau melakukan sliding.

Hal ini sangat berisiko untuk menimbulkan luka atau cedera karena perkenannya pada tungkai kaki dan tangan. Maka dari itu batter dan base runner disarankan mengenakan celana pendek.

Baca juga: Taktik dan Strategi dalam Permainan Softball

  • Sepatu khusus

Sepatu yang digunakan juga sangat mempengaruhi performa pemain kasti, maka dari itu disarankan untuk menggunakan sepatu khusus agar lebih nyaman ketika berlari atau melakukan sliding.

  • Bat atau pemukul

Bat merupakan peralatan utama yang harus dimiliki oleh para pemain baseball, khususnya batter. Umumnya bat berbentuk bulat yang terbuat dari kayu ataupun bahan aluminium berongga.

  • Bola bisbol

Sama pentingnya dengan bat, bola bisbol juga termasuk dalam peralatan utama. Bola yang digunakan khusus untuk permainan bisbol.

  • Sarung tangan

Sarung tangan juga merupakan peralatan utama yang wajib dimiliki oleh para pemain baseball. Tujuannya untuk melindungi telapak tangan dari lemparan atau pukulan bola.

Baca juga: Gerak Spesifik Permainan Softball

Sarung tangan juga wajib dikenakan oleh batter, tujuannya untuk meminimalisir kejutan saat batter memukul bola.

Seorang catcher juga harus mengenakan sarung tangan karena mereka bertugas untuk menangkap bola.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi