Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Contoh Laporan Percobaan Singkat

Baca di App
Lihat Foto
KOMPAS.com/ARUM SUTRISNI PUTRI
Ilustrasi contoh laporan percobaan singkat.
|
Editor: Arum Sutrisni Putri

KOMPAS.com - Laporan percobaan adalah teks berisi proses dan hasil percobaan. Berikut ini contoh laporan percobaan singkat:

Percobaan berkaitan dengan penelitian.

Menurut H. Dalman dalam Keterampilan Menulis (2016), laporan penelitian adalah hal untuk menuangkan hasil kerja setelah dilaksanakan penelitian, serta keadaan, dan kondisi yang terjadi ketika penelitian itu berlangsung dalam bentuk dokumen.

Menurut Yusuf Tapehe dalam Statistika dan Rancangan Percobaan (2014), percobaan adalah penyelidikan terencana untuk mendapatkan fakta baru atau untuk memperkuat atau menolak hasil-hasil percobaan terdahulu.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baca juga: Teks Laporan Percobaan: Pengertian, Tujuan, Struktur dan Contoh

Contoh 1

Percobaan Stek Singkong di Pekarangan Rumah

Pendahuluan

Singkong adalah salah satu sumber karbohidrat bagi tubuh manusia. Kita dapat mengolah singkong menjadi berbagai masakan lezat khas nusantara. Menanam singkong lebih mudah daripada menanam padi. Kita dapat menanam singkong di pekarangan rumah.

Sayangnya selama ini kita didoktrin untuk mengonsumsi nasi sebagai sumber karbohidrat utama. Padahal singkong memiliki gizi dan nutrisi yang tidak kalah dari nasi. Bahkan, untuk orang dengan kadar gula darah atau asam lambung tinggi, makan singkong menjadi alternatif karbohidrat. Nasi lebih banyak mengandung glukosa dan lebih sulit dicerna lambung ketimbang singkong.

Bila kita dapat menproduksi sendiri sumber karbohidrat, maka ketahanan keluarga dapat terjamin. Singkong mudah ditanam. Salah satunya dengan cara stek.

Tinjauan pustaka

Singkong dapat dibudidayakan salah satunya dengan cara stek. Stek ialah teknik budidaya tanaman dengan perbanyakan vegetatif. Caranya dengan menanam bagian tanaman tertentu yang mampu membentuk akar dengan cepat. Bagian singkong yang dapat distek adalah batang.

Metodologi

Singkong baik ditanam saat awal musim hujan. Bibit membutuhkan asupan air cukup banyak di awal pertumbuhan. Berikut langkah-langkah stek singkong:

Laporan dan pembahasannya

Satu pohon singkong dapat menghasilkan 5-10 kg umbi. Maka, bila luas pekarangan rumah sekitar lima persegi, dapat ditanami sekitar lima tanaman singkong. Satu kali panen dapat mencapai setengah kwintal singkong. Sayangnya, harga jual singkong di pasaran sangat rendah. Sekitar Rp 2000 sampai Rp 5000 per kilo. Maka produksi singkong baiknya diolah sendiri. Dapat disimpan sebagai cadangan makanan, dijadikan tepung, atau dibuat menjadi olahan panganan yang tahan lama.

Kesimpulan dan saran

Singkong mudah ditanam. Tidak perlu modal besar untuk menanam singkong di pekarangan rumah. Hasil panen singkong dapat diolah menjadi berbagai panganan. Singkong menjadi alternatif karbohidrat selain nasi.

Penulis menyarankan singkong menjadi salah satu ketahanan pangan. Budidaya singkong perlu didukung dan dikembangkan lebih jauh.

Daftar pustaka

Budidaya Tanaman Singkong. Website resmi Kabupaten Buleleng, Bali. Diakses pada 3 Januari 2019.

Baca juga: Perbedaan Teks Prosedur dan Teks Laporan Percobaan

Contoh 2

Menguji Lautan Asam Basa

Pendahuluan

Benda dan bahan di sekeliling kita memiliki tingkat asam atau basa. Termasuk benda yang sehari-hari kita pakai, seperti sabun, garam, pasta gigi, dan lainnya. Selain asam dan basa, ada juga benda yang bersifat netral.

Biasanya kita mengetahui asam dari indera pengecap. Dan bahan yang kita uji dengan indra pengecap hanya terbatas pada bahan yang dapat dimakan. Namun ada cara lain untuk menguji tingkat asam atau basa suatu bahan.

Tinjauan pustaka

Untuk menguji asam dan basa, penulis menggunakan indikator. Indikator adalah suatu senyawa yang dapat memberikan warna berbeda dalam suasana yang berbeda. Indikator yang digunakan untuk mengetahui asam adalah lakmus yang dalam suasana asam berwarna merah sedangkan dalam suasana basa berwarna biru.

Kita juga dapat membuat indikator menggunakan bahan alami, seperti kunyit. Namun kali ini penulis memilih menggunakan lakmus.

Metodologi

Alat dan bahan:
Bahan kimia yang dapat kita temukan dalam kehdupan sehari-hari, seperti cuka, air aki, air jeruk , teh, sabun, kapur, dan garam.
7 lembar kertas lakmus
7 gelas kimia dan gelas plastik
7 pelat tetes
Pipet tetes
Air

Langkah-langkah:

  • Siapkan bahan-bahan kimia kehidupan sehari-hari, yaitu cuka, air aki, air jeruk , teh, sabun, kapur, dan garam.
  • Larutkan bahan tersebut, masing-masing ke dalam air yang disiapkan dalam gelas plastik.
  • Celupkan kertas lakmus ke dalam cekungan-cekungan pelat tetes.
  • Gunakan pipet tetes untuk mengambil beberapa tetes larutan kimia dalam gelas.
  • Teteskan satu larutan pada satu lakmus yang terdapat di dalam cekungan pelat tetes. Lakukan hal sama pada larutan lainnya, dengan kertas lakmus yang bebeda.
  • Pastikan pipet tetes yang digunakan dicuci terlebih dahulu sebelum berganti dari satu larutan ke laturan lain.
  • Catatlah hasil pengamatan dan buat kesimpulan.

Laporan dan pembahasannya

Asam, basa, atau netral ditentukan oleh sejauh mana zat tersebut terionisasi dalam air, secara total atau sebagian. Derajat keasaman atau menggambarkan hubungan antara jumlah ion hidrogen (H+) dan diekspresikan dalam rumus pH = -log (H+).Untuk larutan asam maka pH nya kurang dari 7 sedangkan larutan basa pH nya lebih dari 7, sedangkan larutan netral mempunyai pH 7.

Hasil pengamatan kertas lakmus pada ketujuh larutan tersebut adalah sebagai berikut:

  • Cuka: lakmus menjadi warna merah
  • Air aki: lakmus menjadi warna merah
  • Air jeruk: lakmus menjadi warna merah
  • Teh: lakmus menjadi warna biru
  • Sabun: lakmus menjadi warna biru
  • Kapur: lakmus menjadi warna biru
  • Garam: lakmus tidak berubah warna.

Kesimpulan

Bahan kimia dalam kehidupan sehari-hari yang mengandung asam antara lain cuka, air aki, dan air jeruk. Sedangkan basa terkandung dalam teh, sabun, dan kapur. Sedangkan larutan garam bersifat netral.

Daftar pustaka

Ernaliza. 2018. “Pengembangan Panduan Praktikum Asam Basa dengan Mengintegrasikan Kearifan Lokal di SMA Negeri 2 Sigli”. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Ar-Raniry,s Banda Aceh.
Nora, Adri. 2017. Modul Praktikum Kimia Dasar. Bekasi: Universitas Esa Unggul.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi