Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

How to Tell Biographical Recount

Baca di App
Lihat Foto
Ilustrasi buku biografi
|
Editor: Nibras Nada Nailufar

KOMPAS.com – Apa itu biographical recount? Biographical recount adalah teks tentang kisah hidup seseorang atau biografi.

Biografi merupakan jenis teks yang menceritakan kisah hidup seseorang. Dilansir dari Cambridge Dictionary, biography is the life story of a person written by someone else. Biografi adalah sebuah kisah hidup seseorang yang ditulis oleh orang lain.

How to tell biographical recount

Untuk menuliskan biographical recount memang tidak mudah. Kita perlu menyiapkan banyak hal terutama yang berkaitan dengan sumber atau narasumbernya.

Untuk penulisan biographical recount sendiri, ada beberapa langkah yang perlu dilakukan. Melansir wikiHow yang dituliskan bersama oleh Stephanie Wong Ken, MFA, berikut cara menuliskan biographical recount atau biography:

1. Gunakan struktur kronologis
Untuk menuliskan biografi, penting untuk menulis riwayat hidup tokoh secara urut. Urutkan waktunya dari tokoh tersebut lahir, masa kanak-kanak, remaja, hingga dewasa.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baca juga: How to Tell Historical Recount

2. Gunakan bantuan thesis statement
Untuk mempermudah penulisan dari paragraf satu ke paragraf lainnya, gunakan thesis statement atau kalimat utama yang digunakan untuk mengembangkan ide. Dengan begitu, setiap paragraf akan fokus pada satu pembahasan atau satu topik.

3. Kilas balik
Penggunaan kilas balik juga membuat biografi menarik. Kilas balik artinya kita memulai cerita dari masa kini kemudian menceritakan kisah di masa lalu.

4. Tuliskan peristiwa-peristiwa penting
Tentu saja untuk menuliskan biografi, kita perlu menuliskan peristiwa penting yang dialami oleh tokoh, atau bisa juga yang dianggap berkesan oleh tokoh tersebut.

Kita juga perlu menuliskan peristiwa yang membuat tokoh tersebut kemudian mempunyai peran penting dalam kehidupan masyarakat atau mencapai kesuksesannya.

5. Perhatikan pola kehidupan tokoh
Penting untuk melihat bagaimana tokoh yang diceritakan tersebut menjalani hidupnya. Mungkin tokoh tersebut mengalami peristiwa atau kejadian yang sama beberapa kali.

6. Tuliskan pendapat atau komentar pribadi
Ketika menuliskan kisah hidup orang lain, kita juga bisa menyisipkan komentar atau pendapat kita dalam cerita tersebut.

Structure of biographical recount

Setelah memahami apa saja yang perlu diperhatikan dalam penulisan biografi, maka kita perlu mengetahui struktur penulisannya. Sebuah biografi mempunyai struktur yang mirip dengan teks recount pada umumnya. Berikut penjelasannya:

  • Orientation

Bagian awal biasanya mencakup latar belakang. Maka pada biographical recount biasanya menjelaskan siapa tokoh yang ditulis dan apa perannya atau apa yang membuat penulis menuliskan kisah hidupnya.

Baca juga: Contoh Teks Biografi Singkat

  • Events

Dalam sebuah recount text, tentu saja terdapat rangkaian peristiwa yang diceritakan. Dalam biographical recount, peristiwa atau kejadian yang dialami oleh tokoh perlu dituliskan secara kronologis.
Peristiwa-peristiwa tersebut umumnya adalah yang dianggap bersejarah atau berkesan.

  • Reorientation

Pada bagian ini, biasanya penulis menuliskan komentar atau pendapatnya tentang tokoh yang ditulisnya.

Ketika menceritakan tentang tokohnya, kita perlu menggunakan simple past tense. sedangkan jika kita membubuhkan pendapat dan komentar kita, maka simple present tense yang digunakan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Baca tentang
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi