Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lembaga-Lembaga yang Menyediakan dan Memanfaatkan Data Geologi

Baca di App
Lihat Foto
KEMDIKBUD
Letak geologis Indonesia. Berdasarkan keadaan geologinya, kepulauan di Indonesia dapat dibagi menjadi 3 daerah, yaitu daerah dangkalan Sunda, daerah dangkalan Sahul, dan daerah peralihan.
|
Editor: Serafica Gischa

KOMPAS.com – Ilmu geologi merupakan ilmu yang mempelajari atau mengkaji bumi beserta isinya. Hasil kajian atau penelitian dari pakar-pakar geologi disebut sebagai data geologi.

Data geologi memiliki perananan yang cukup penting dalam kehidupan. Biasanya, data-data geologi digunakan sebagai referensi dalam hal perencanaan pembangunan.

Selain itu, data geologi juga bisa digunakan sebagai acuan untuk mengetahui potensi perubahan yang terjadi di bumi.

Karena begitu pentingnya data geologi, tidak mengherankan jika ada beberapa lembaga pemerintah yang menyediakan informasi data geologi untuk kepentingan bersama.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baca juga: Lembaga-Lembaga yang Berperan dalam Penanggulangan Bencana Alam

Selain menyediakan, ada juga lembaga pemerintah yang menggunakan data geologi untuk kepentingan tugasnya. Berikut penjelasan lembaga-lembaga yang menyediakan dan memanfaatkan data geologi:

LAPAN merupakan lembaga pemerintah non-kementerian yang berada di bawah dan bertanggung jawab langsung kepada presiden melalui menteri yang membidangi urusan pemerintah di bidang riset dan teknologi.

Dilansir dari laman resmi Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional, tugas utama LAPAN adalah melaksanakan tugas pemerintahan di bidang penelitian dan pengembangan kedirgantaraan dan pemanfaatannya serta penyelenggaraan keantariksaan.

LAPAN merupakan salah satu lembaga pemerintah yang memanfaatkan data geologi untuk kepentingan tugasnya.

Data geologi digunakan LAPAN untuk menyusun dan melaksanakan kebijakan nasional di bidang penelitian dan pengembangan sains antariksa dan atmosfer, teknologi penerbangan dan antariksa, serta penginderaan jauh dan pemanfaatannya.

Badan Geologi merupakan lembaga pemerintahan yang dinaungi oleh Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral. Badan Geologi merupakan lembaga yang menyediakan sumber informasi data geologi.

Baca juga: Lembaga-Lembaga yang Memanfaatkan Data Hidrologi

Selain menyediakan informasi, Badan Geologi juga melakukan penelitian-penelitian di bidang geologi. Disadur dari situs resmi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, dijelaskan bahwa perkembangan kegiatan Badan Geologi sudah berkembang pesat.

Hal tersebut ditunjukan dengan adanya beberapa kepentingan-kepentingan nasional yang sudah menggunakan data-data geologi sebagai referensinya, seperti tata ruang, kegiatan pengembangan minyak dan gas bumi, panas bumi, serta kebencanaan.

Lembaga pemerintahan lain yang membutuhkan informasi data geologi bisa langsung menghubungi Badan Geologi.

BIG merupakan lembaga pemerintahan non-kementerian yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada presiden.

Disadur dari laman resmi Badan Informasi Geospasial, tugas utama BIG adalah melaksanakan tugas pemerintahan di bidang informasi geospasial. Tugas tersebut berupa pengumpulan data, pengolahan, penyimpanan data dan informasi, serta penggunaan informasi spasial.

Baca juga: Jenis-Jenis Aplikasi Sistem Informasi Geografis

BIG merupakan salah satu lembaga pemerintah yang memanfaatkan data geologi. Data geologi yang dimanfaatkan berupa data geospasial. Data geospasial digunakan BIG untuk melakukan kegiatan inventarisasi potensi kekayaan sumber daya alam negara Indonesia.

  • Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (BAPPENAS)

Di bawah pemerintahan Presiden Joko Widodo, BAPPENAS mengalami pergeseran kedudukan. Jika dahulu BAPPENAS di bawah Kementerian Koordinator Perekonomian, maka untuk saat ini BAPPENAS berada langsung di bawah presiden.

Dilansir dari laman resmi Badan Perencanaan Pembangunan Nasional, tugas utama BAPPENAS adalah merumuskan kebijakan nasional dan perencanaan pembangunan nasional.

Berkaitan dengan data geologi, BAPPENAS memanfaatkan data geologi sebagai referensi dalam hal penyusunan rencana pembangunan nasional.

  • Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG)

Sama seperti lembaga-lembaga sebelumnya, BMKG juga merupakan lembaga pemerintahan non-kementerian yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada presiden.

Baca juga: Sistem Informasi Geografis: Sejarah dan Definisi

Dilansir dari laman resmi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika, tugas utama BMKG adalah melaksanakan tugas pemerintah di bidang meteorologi, klimatologi, kualitas udara, dan geofisika.

Tugas tersebut berupa perumusan kebijakan, koordinasi kebijakan, pelaksanaan dan evaluasi kebijakan di bidang bidang meteorologi, klimatologi, dan geofisika.

BMKG memanfaatkan data geologi untuk menganalisis perubahan-perubahan fenomena yang terjadi di bidang meteorologi, klimatologi, dan geofisika.

  • Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB)

BNPB juga merupakan lembaga pemerintahan non-kementerian yang berada di bawah dan bertanggung jawab langsung kepada presiden.

Dilansir dari laman resmi Badan Nasional Penanggulangan Bencana, tugas utama BNPB adalah memberikan pedoman dan pengarahan terhadap usaha penanggulangan bencana yang mencakup pencegahan bencana, penanganan keadaan darurat bencana, rehabilitasi, dan rekonstruksi secara adil dan setara.

BNPB juga merupakan lembaga pemerintah yang memanfaatkan data geologi. Data geologi digunakan BNPB untuk menentukan kawasan rawan bencana di Indonesia sehingga pemerintah bisa melakukan tindakan mitigasi.

Baca juga: Komponen Sistem Informasi Geografis

  • Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat merupakan salah satu lembaga kementerian yang ada di Indonesia.

Dilansir dari situs resmi Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, tugas utamanya adalah menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang pekerjaan umum dan perumahan rakyat untuk membantu presiden menyelenggarakan pemerintahan negara.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat juga menggunakan data geologi dalam menjalankan tugasnya.

Data geologi digunakan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat sebagai referensi dalam hal perencanaan pembangunan infrastruktur dan pembangunan pemukiman rakyat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi