Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Contoh Analisis Unsur Intrinsik dan Kaidah Kebahasaan Novel

Baca di App
Lihat Foto
Novel Gadis Pantai karya Pramoedya Ananta Toer
|
Editor: Nibras Nada Nailufar

KOMPAS.com - Dalam buku Pengkajian Prosa Fiksi (2017), Andri Wicaksono berpendapat bahwa novel adalah suatu jenis karya sastra yang berbentuk prosa fiksi dalam ukuran panjang dan menceritakan konflik yang mengubah nasib tokohnya.

Seperti karya sastra jenis lainnya, novel dibangun berdasarkan unsur intrinsik dan kaidah kebahasaan. Agar lebih memahaminya, mari simak contoh analisis unsur intrinsik novel berikut.

Tema

Tema merupakan topik yang diangkat dalam sebuah novel. Menurut Burhan Nurgiyantoro dalam Teori Pengkajian Fiksi (1998), tema dengan demikian, dapat dipandang sebagai dasar cerita, gagasan dasar umum sebuah karya novel.

Contohnya: novel Gadis Pantai karya Pramoedya Ananta Toer bertema kawin paksa dan ketimpangan strata sosial pada masa feodal.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alur

Alur disebut juga plot. Alur merupakan kesinambungan jalannya cerita. Dalam Teori Pengkajian Fiksi (1998) karya Burhan Nurgiyantoro menyebutkan, plot merupakan penyajian secara linear tentang berbagai hal yang berhubungan dengan tokoh, maka pemahaman kita terhadap cerita amat ditentukan oleh plot.

Baca juga: Novel: Pengertian, Unsur, dan Ciri-cirinya

Contoh:
Novel Gadis Pantai karya Pramodoedya Ananta Toer ini menggunakan alur maju. Jalan cerita yang runtut berdasarkan urutan waktu.

(Pengantar situasi cerita) Cerita ini dimulai dengan masa remaja si Gadis Pantai. Orang tua Gadis Pantai adalah nelayan miskin yang berada di Kampong Nelayan.

(Pengungkapan kejadian) Gadis Pantai dipasksa menjadi istri Bendoro, seorang priyayi pembesar yang kaya.

(Konflik) Tahun pertama pernikahannya dengan Bendoro, Gadis Pantai mencoba beradaptasi dengan kehidupan barunya sebagai priyayi. Awalnya ia merasa asing, tetapi ia juga mendapat berbagai pengetahuan dan keterampilan dari kehidupan barunya. Terjadi konflik batin sebab Gadis Pantai selalu merindukan kehidupan yang bebas dekat dengan laut.

(Klimaks) Masyarakat yang terlanjur hidup dalam budaya feodal dan patriarkis mulai mempermasalahkan latar belakang Gadis Pantai. Kerabat Bendoro berusaha menyingkirkan Gadis Pantai. Di sisi lain, Bendoro mulai bersikap tak acuh padahal Gadis Pantai sedang mengandung anak pertamanya.

(Penyelesaian konflik) Pada bagian akhir cerita, Bendoro menceraikan Gadis Pantai. Tidak hanya itu, ia mengusir dan memisahkan Gadis Pantai dengan anaknya. Gadis Pantai tak berdaya, ia pun pergi ke Blora untuk melanjutkan hidupnya.

Latar

Penokohan

Terdapat dua jenis tokoh dalam novel, yaitu tokoh utama dan tokoh pembantu. Tokoh utama paling banyak diceritakan dan selalu berhubungan dengantokoh-tokoh lain, Tokoh utama sangat menentukan perkembangan plot secara keseluruhan.

Adapun tokoh utama dalam Novel Gadis adalah Gadis Pantai. Gadis Pantai digambarkan sebagai sosok yang melankolis, penuh rasa ingin tahu, tegar, dan selalu rindu akan kebebasan.

Sementara tokoh pembantu dalam novel Gadis Pantai karya Pramoedya Ananta Toer antara lain Bendoro, Mardinah, Emak, Bapak, Bujang, Agus-agus, Mardikun, Kakek, Si Dul, warga kampung, Pak Kusir, dan Kakek Tua.

Sudut pandang

Novel Gadis Pantai karya Pramoedya Ananta Toer menggunakan sudut pandang orang ketiga serba tahu. Hal ini ditandai dengan penggunaan kata “ia” dalam narasinya.

Baca juga: Contoh Kerangka Novel Sejarah

Gaya bahasa

Gaya bahasa dalam novel Gadis Pantai karya Pramoedya Ananta Toer banyak dipengaruhi Bahasa Jawa dan Melayu. Hal tersebut terlihat dari cara penyebutan tokoh, atau benda-benda. Contohnya menyebut “bendi”, yang artinya delman.

Amanat
Amanat merupakan pesan yang ingin disampaikan pengarang pada pembaca. Amanat dalam novel Gadis Pantai karya Pramoedya Ananta Toer disampaikan secara tersirat.

Pesannya adalah mengenai kesetaraan hak perempuan. Novel ini mengingatkan kita bahwa budaya feodal selalu menggiring kita pada ketimpangan hak dan ketidakadilan.

Sementara untuk kaidah kebahasaan novel, seperti pada hakikat karya sastra yaitu pengungkapan ekspresi dan perasaan pengarang. Maka bahasa dalam novel lebih ekspresif.

Andri Wicaksono dalam Pengkajian Prosa Fiksi (2017) berpendapat, bahasa sastra tentu saja lebih dominan menggunakan ciri emotif-konotatif; sastra mempunyai tujuan estetis dan menyampaikan sesuatu dengan tak langsung.

Novel Gadis Pantai karya Pramoedya Ananta Toer dituliskan secara naratif. Novel ini juga menggunakan berbagai konjungsi dalam membangun alur yang condong pada penceritaan secara kronologis.

Selebihnya, seperti yang telah dijelaskan dalam gaya bahasa, bahasa dalam novel ini mengandung banyak pengaruh dari bahasa Jawa dan bahasa Melayu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi