Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Unsur-Unsur Manajemen Ekonomi

Baca di App
Lihat Foto
KOMPAS.com/Gischa Prameswari
Unsur-unsur manajemen ekonomi
|
Editor: Serafica Gischa

KOMPAS.com – Pada dasarnya, penggunaan ilmu manajemen pada bidang ekonomi ditujukan untuk mencapai tujuan tertentu.

Agar tujuan tersebut bisa tercapai secara maksimal, maka dalam penerapan manajemen ekonomi setidaknya harus mengandung beberapa fasilitas atau unsur-unsur.

Dilansir dari buku Dasar-Dasar Manajemen (2001) karya Yayat M. Herujito, dijelaskan enam unsur manajamen ekonomi menurut George R. Terry, yaitu:

Dalam penerapan manajemen ekonomi, manusia merupakan unsur yang paling penting. Sebab manusialah yang menyusun sebuah tujuan dan manusia juga lah yang melakukan proses untuk mencapai tujuan tersebut.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tanpa adanya manusia, seorang manajer tidak akan mungkin mencapai tujuannya. Sebab keberhasilan seorang manajer dalam mencapai tujuan merupakan hasil bantuan dari orang-orang lain.

Baca juga: Investasi: Definisi, Jenis, dan Tujuannya

Uang merupakan salah satu unsur yang tidak bisa diabaikan. Untuk mencapai sebuah tujuan, perlu dilaksanakan produksi terlebih dahulu. Proses produksi akan berjalan lancar apabila ada uang yang mendukungnya.

Dalam proses produksi, uang digunakan untuk membiayai gaji karyawan, membeli bahan-bahan, membeli peralatan, membiayai pengawasan, dan sebagainya.

Dalam proses pelaksanaan kegiatan untuk mencapai sebuah tujuan, manusia pastinya menggunakan material atau bahan-bahan. Oleh sebab itu, unsur bahan harus terpenuhi dalam penerapan manajemen ekonomi.

Tidak hanya itu, manusia juga harus bisa memanfaatkan bahan-bahan yang sudah ada. Sebab manusia dan bahan merupakan unsur yang tidak bisa dipisahkan. Tanpa adanya bahan, tujuan yang dikehendaki tidak akan tercapai.

Baca juga: Pungutan Resmi Selain Pajak

Jika ingin mencapai tujuan secara efektif, maka mesin merupakan unsur yang harus dipenuhi dalam penerapan manajemen ekonomi.

Penggunaan mesin akan memberikan kemudahan atau menghasilkan keuntungan yang lebih besar serta dapat menciptakan efisiensi kerja.

Agar sebuah tujuan bisa tercapai, maka harus dilaksanakan proses kerja. Dalam proses pelaksanaan kerja, tentu memerlukan metode-metode kerja. Suatu metode kerja yang baik akan memperlancar jalannya pekerjaan.

Sebuah metode bisa berupa penetapan cara pelaksanaan kerja dengan memberikan berbagai pertimbangan-pertimbangan kepada sasaran, fasilitas-fasilitas yang tersedia, penggunaan waktu, uang, serta kegiatan usaha.

Baca juga: Jenis-Jenis Belanja Negara

Dalam buku Dasar-Dasar Manajemen (2016) karya Candra Wijaya dan Muhammad Rifa’i, dijelaskan bahwa pasar merupakan unsur penting yang harus ada dalam penerapan manajemen ekonomi.

Tanpa adanya pasar bagi hasil produksi, tujuan perusahaan tidak mungkin akan tercapai. Selain itu, suatu perusahaan juga harus bisa menguasai pasar, dalam arti menyebarkan hasil produksi.

Agar suatu perusahaan bisa menguasai pasar, maka kualitas dan harga barang-barang harus sesuai dengan selera dan daya beli konsumen.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi