Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Transformasi Konflik: Definisi dan Aspek-Aspeknya

Baca di App
Lihat Foto
thinkstock/vesmil
Ilustrasi anak berantem
|
Editor: Serafica Gischa

KOMPAS.com – Selain rekonsiliasi, ada satu lagi upaya penyelesaian konflik yang bisa dilakukan setelah upaya resolusi konflik, yaitu transformasi konflik.

Dalam artikel jurnal Transformasi Konflik Aceh dan Relasi Sosial-Politik di Era Desentralisasi (2016) karya Suadi Zainal, dijelaskan mengenai defisini transformasi konflik.

Transformasi konflik adalah suatu proses yang melibatkan transformasi hubungan, kepentingan, perdebatan, dan konstitusi yang menyokong kesinambungan konflik untuk mewujudkan perubahan hubungan, struktur sosial, dan perubahan keadaan yang menimbulkan konflik.

Berbeda dengan resolusi konflik yang berupaya menyelesaikan konflik melalui pemecahan masalah, transformasi konflik lebih mengarah pada proses perubahan sistemik.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Proses perubahan sistemik, artinya proses perubahan yang bergerak dari sistem konflik kepada sistem perdamaian.

Baca juga: Resolusi Konflik: Definisi dan Metodenya

Transformasi konflik lebih menekankan pada perubahan konflik, bukan pada pengendalian maupun penghilangan konflik.

Sehingga tujuan utama transformasi konflik adalah mengatasi sumber-sumber konflik yang lebih luas dengan cara mengubah kekuatan negatif konflik menjadi kekuatan sosial yang lebih positif.

Oleh sebab itulah, transformasi konflik mencakup penyelesaian konflik yang lebih mendalam, yaitu pembangunan perdamaian melalui struktur sosial dan budaya.

Aspek-aspek transformasi konflik

Dalam buku The Little Book of Conflict Transformation (2003) karya John Paul Lederach, dijelaskan aspek-aspek yang harus ditransformasikan dalam upaya transformasi konflik, yaitu:

Transformasi personiel

Transformasi personel merujuk pada upaya perubahan di tingkat individu. Perubahan ini berkaitan dengan beberapa aspek, seperti kognitif, emosi, persepsi, dan spiritual.

Baca juga: Mediasi Sebagai Bentuk Usaha Resolusi Konflik

Transformasi relasional merujuk pada upaya perubahan pola komunikasi dan interaksi yang dipengaruhi oleh konflik.

Termasuk juga upaya meminimalisasi komunikasi yang kurang bermanfaat dan memaksimalkan komunikasi yang mengarah pada saling pengertian.

Transformasi struktur merujuk pada upaya perubahan terhadap hubungan sosial, ekonomi, politik, dan hubungan institusi untuk memenuhi keperluan dasar masyarakat dan menyediakan akses kepada sumber daya.

Transformasi budaya merujuk pada upaya perubahan terhadap pola budaya yang memicu terjadinya konflik serta upaya pembangunan budaya yang konstruktif untuk pengendalian konflik.

Baca juga: Arbitrase sebagai Bentuk Usaha Resolusi Konflik

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi