Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Teks Genre Makro: Pengertian, Jenis, dan Kaidah Kebahasaannya

Baca di App
Lihat Foto
Teks genre makro
|
Editor: Nibras Nada Nailufar

KOMPAS.com - Berdasarkan kompleksitasnya, genre teks dibedakan menjadi makro dan mikro.

Genre makro adalah genre yang digunakan untuk menamai sebuah jenis teks secara keseluruhan.

Sedangkan genre mikro adalah jenis teks yang dapat bediri sendiri, dapat juga digabungkan menjadi satu kesatuan dalam genre makro.

Menurut Tri Wiratno dalam Pengatar Ringkas Linguistik Sistemik Fungsional (2018), genre makro digunakan untuk menamai teks secara keseluruhan, yang di dalamnya masih terkandung genre-genre lain sebagai subgenre.

Subgenre yang dimaksud adalah genre mikro. Teks genre makro tidak dapat tersusun tanpa adanya genre mikro. Teks genre mikro yang terdapat dalam genre makro seperti teks deskripsi, laporan, prosedur, eksplanasi, eksposisi, dan diskusi.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sementara itu, dilansir dari Fatimah Djajasudarma dalam Metode Linguistik Ancangan Metode Penelitian dan Kajian (1993), teks dapat berwujud ujaran, paragraf, atau wacana.

Baca juga: Teks Tantangan: Pengertian, Ciri, Struktur, Kaidah Kebahasaan

Jenis teks genre makro

Teks genre makro dalam bentuk ragam tulis, dapat berupa artikel jurnal, berita, buku, ulasan buku, proposal penelitian, laporan penelitian, laporan praktikum, dan artikel ilmiah. Maka dari itu, struktur teks genre makro berbeda-beda mengikuti jenis teksnya.

Akan tetapi, teks ragam makro juga dapat diwujudkan dalam peristiwa komunikasi. Peristiwa komunikasi yang ada dalam teks genre makro antara lain wawancara, percakapan telepon, dan layanan jual beli. Berikut penjelasan singkatnya:

1. Teks Wawancara

Wawancara merupakan kegiatan tanya jawab atau menggali informasi dari narasumber. Struktur teks wawancara terdiri atas judul, orientasi, isi, dan reorientasi. Teks semacam ini biasa kita temui di media massa, seperti koran, televisi, radio, atau media online.

2. Percakapan Telepon

Percakapan telepon merupakan perbincangan yang melibatkan dua orang atau lebih tanpa tatap muka. Struktur teks percakapan telepon terdiri atas pembukaan, isi, dan penutup.

Isi dari percakapan telelon bisa berupa banyak hal. Maka tidak menutup kemungkinan bahwa dalam percakapan telepon memuat salah satu dari teks deskripsi, laporan, prosedur, eksplanasi, atau diskusi.

Baca juga: Contoh Teks Diskusi Beserta Strukturnya

3. Teks Layanan Jual Beli

Teks layanan jual beli berkaitan dengan produk, percakapan antara pedagang dan konsumen. Pada teks ini terdapat struktur teks negosiasi, yaitu orientasi, pengajuan, penawaran, persetujuan, dan penutup. Teks jenis ini hanya spesifik membahas mengenai proses persetujuan oleh kedua belah pihak.

Kaidah Kebahasaan

Meski nampaknya kompleks dan beragam, teks genre makro memiliki kesamaan dalam kaidah kebahasaan. Berikut kaidah kebahasaan yang terdapat dalam teks genre makro:

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi